Tips Jitu Mengurangi Asupan Kalori Yang Benar

header niko 728 x 90

mengurangi asupan kalori

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang berusaha untuk menurunkan berat badan yang berlebih dengan melakukan berbagai macam metode diet. Namun hasilnya tidak banyak dari mereka yang bisa sukses mengurangi asupan kalori yang bisa membuat berat badan mereka turun. Banyaknya pilihan metode diet, membuat banyak pelaku penurunan berat badan menjadi lebih bingung memilih jenis diet yang cocok dan efektif. Namun anda tidak perlu khawatir, ada tips jitu yang bisa anda contoh untuk mengurangi asupan kalori.

Bagi anda yang melakukan sebuah program penurunan berat badan, sangat penting untuk memahami konsep dasar penurunan berat badan. Pada dasarnya jika kita ingin menurunkan berat badan, maka anda harus lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan kalori yang kita konsumsi.

Banyak orang yang salah dalam melakukan program penurunan berat badan. Kebanyakan dari mereka memilih metode menjadi kelaparan yang membuat kondisi lebih buruk dan tidak tercapainya tujuan penurunan berat badan. Padahal kita bisa menurunkan berat badan dengan cara yang lebih aman dan sehat.

Baca Juga  Waktu Tidur Yang disarankan Agar Kulit Terlihat Cantik

Yang harus kita ketahui dalam program menurunkan berat badan adalah dengan cara mengetahui tingkat basal metabolisme (BMR). Cara ini untuk menentukan berapa banyak kalori yang harus kita buang untuk bisa membuat berat badan kita bisa turun.

Baca Juga : Ternyata Diet Bisa Mempengaruhi Seks dan Suasana Hati

Cara menentukan BMR adalah menggunakan rumus persamaan Mifflin St.Joer : (10 x berat badan anda dalam kilogram) + (6,25 x tinggi badan kita dalam satuan sentimeter) – (5 x usia dalam hitungan tahun) – 161.

Jika anda merasa kesulitan untuk mengetahui berapa angka BMR, maka solusi terbaik adalah dengan mendatangi dokter endokrinologi. Dengan begitu kita akan diberikan hasil BMR kita oleh seorang ahli atau dokter.

Dengan mengetahui BMR kita, maka kita bisa menentukan seberapa banyak makanan yang harus kita konsumsi agar bisa menurunkan berat badan yang dikaitkan dengan aktivitas fisik kita.
Pilih kalori baik

Baca Juga  Membersihkan Wajah Dari Make Up Sangatlah Penting

Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, maka pemilihan kalori yang syarat gizi sangatlah penting untuk mendapatkan sumber kalori yang terbaik untuk kesehatan kita.

Yang harus kita perhatikan dalam memilih jenis kalori yang tepat adalah mengandung komposisi protein, lemak sehat serta biji-bijian yang bisa mencukupi kebutuhan gizi tubuh kita. Dengan pemilihan yang tepat, maka proses pembakaran kalori yang kita lakukan bisa efisien.

Tips pertama untuk mengetahui asupan protein yang cukup untuk kita konsumsi. Menurut pakar, jumlah protein yang disarankan untuk dikonsumsi bagi orang dewasa adalah sebanyak 0,8 gr / kg berat badan. Cara mudahnya adalah dengan membagi berat badan kita dalam ukuran pound sebesar 2,2 yang kemudian kita kalikan dengan 0,8.

Untuk jenis protein yang disarankan untuk mereka yang melakukan sebuah program penurunan berat badan adalah jenis protein yang tidak mengandung lemak agar bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu konsumsi protein yang tanpa lemak juga bisa menjaga agar kita tidak kehilangan massa otot yang lebih banyak.

Baca Juga  Perut Buncit Bisa Disebabkan Oleh Beberapa Hal Berikut Ini

Bagi anda seorang wanita dengan tinggi badan yang cukup (kebanyakan wanita) maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi protein sebanyak 110 sampai 120 gr protein setiap harinya. Atau jika dalam ukuran ons sebanyak 4 ons.

Itu artinya jika melakukan program diet, maka sebaiknya kita mengkonsumsi kalori tidak boleh kurang dari 1.200 kalori dalam setiap harinya. Apabila kita ternyata hanya mengkonsumsi kalori kurang dari 1.200 kalori, maka akan membuat massa otot kita akan menurun, metabolisme juga ikut menurun dan tubuh juga terhambat dalam proses pembakaran lemak.

Artikel Terkait : Hati-hati Memilih Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *