Tips Bisa Tidur Dengan Nyenyak Dengan Menerapkan Metode ‘Clean Sleeping’

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin sebelumnya kita mendengar istilah tentang ‘clean eathing’ yang berhubungan dengan metode makan yang sehat. Namun sekarang ini juga berkembang ‘Clean Sleeping’ agar tidur bisa lebih nyenyak.

Tidur memang menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan dan berhubungan dengan obesitas. Orang yang mengalami kurang tidur akan bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan kerusakan DNA, demensia dan kematian dini.

Berikut beberapa hal tentang ‘Clean Sleeping’ agar kita bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas :

Kenakan masker mata hangat

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan suatu masker mata yang bisa memberikan rasa kehangatan. Dengan demikian kita bisa merasa lebih rileks dan mampu meredakan stres. Teknologi masker ini merupakan suatu produk yang dibuat oleh negara Jepang.

Baca Juga  Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya

Menurut para pakar kesehatan tidur mengatakan bahwa tidur dengan tetap mendapatkan cahaya bisa mempengaruhi hormon yaitu melatonin. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, maka sangat disarankan untuk mematikan lampu atau kondisi gelap saat tidur.

Baca Juga : Manfaat Tidur Dalam Kondisi Lampu Yang Gelap

Pijat kaki

Hal kedua yang menjadi ritual ‘clean sleeping’ adalah dengan cara memijat kaki sebelum tidur. Menurut para pakar kesehatan tidur, melakukan pijatan kaki dengan menggunakan losion selama kurang lebih 3 menit mampu membuat kita tidur lebih nyenyak. Selain itu ritual ini juga sangat bagus untuk melancarkan aliran darah dan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nyaman.

Baca Juga  Cukup Seminggu Sekali Bercinta Mampu Meningkatkan Kehangatan Hubungan Suami Istri

Tidur saat terjaga

Teknik ini menjadi suatu bagian dalam yoga. Dengan cara melakukan tidur dengan posisi berbaring, menutup mata dan berusaha untuk fokus pada bagian tertentu tubuh ternyata bisa membuat kita lebih cepat tidur dan memasuki fase mimpi.

 

Tidak konsumsi kafein delapan jam sebelum tidur

Bagi anda yang ingin tidur dengan lebih nyenyak, maka disarankan untuk menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Baca Juga  Apakah Wanita Hamil Yang Mengalami Mual dan Muntah Berat Disarankan Untuk Rawat Inap ?

Kamar tidur bebas teknologi

Yang terakhir adalah dengan membebaskan kamar tidur dari barang teknologi seperti gadget, komputer dan televisi. Berdasarkan banyak studi menyebutkan bahwa barang teknologi tersebut bisa memancarkan suatu cahaya biru yang bisa mengganggu untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Artikel Terkait : Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *