Tips Aman Meredakan Cegukan Pada Bayi

header niko 728 x 90

cara mengatasi bayi cegukanApabila kita berbicara tentang cegukan, pasti semua orang pernah mengalaminya. Tak pandang orang itu sudah tua, muda bahkan seorang bayi pun pernah mengalami cegukan.

Bagi orang dewasa mungkin bisa dibilang mudah untuk mengatasi cegukan ini. Kita bisa atasi dengan hanya menahan napas sejenak beberapa saat, maka cegukan kita akan segera hilang. Namun bagaimana jika cegukan melanda pada bayi imut kita ? tentu sang bayi belum bisa melakukan tahan napas selama beberapa detik.

Cegukan pada dasarnya merupakan hal yang normal-normal saja terjadi pada siapapun, tak terkecuali pada sang bayi. Saat seorang bayi cegukan merupakan reaksi yang normal yang dilakukan tubuhnya. Namun ada beberapa cegukan yang sampai mengganggu aktivitas bayi misalnya tidur dan saat makan.

Cegukan yang dialami seorang bayi biasanya akan reda dengan sendirinya saat bayi tersebut tertidur. Tetapi ada tips khusus yang bisa menghilangkan cegukan pada bayi dengan cepat, yaitu dengan memijat daerah punggung bayi.

Anda bisa melakukannya dengan lembut dengan posisi bayi duduk atau tengkurap. Lakukanlah beberapa kali dengan perlahan-lahan. Setelah kita pijat punggung sang bayi, biasanya cegukan akan segera hilang.

Selain dengan melakukan pijatan halus pada punggung bayi, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi :

  

1. Memberikan air hangat

Tips yang pertama mengatasi bayi yang cegukan adalah dengan memberikan air hangat pada bayi. Hal ini telah terbukti bisa meredakan cegukan pada bayi.

 

2. Mengubah posisi menyusui

Tips ke dua adalah dengan merubah posisi sang ibu saat bayi menyusui. Biasanya bayi mengalami cegukan saat ia menyusu pada ibunya. Hal ini terjadi karena saat ia menyusu, secara tidak disengaja bayi menelan banyak udara. Hal inilah yang membuat bayi kita cegukan saat menyusui. Solusinya adalaha dengan merubah posisi sang ibu saat menyususi bayi, dengan harapan bisa membatasi jumlah udara yang tak sengaja masuk pada mulut bayi.

 

3. Sandarkan bayi

Selain tips diatas, anda bisa melakukan hal ini. Saat bayi kita mengalami cegukan saat menyususi, maka kita bisa menghentikan sementara. Kemudian kita gendong bayi tersebut sambil kita melakukan menepuk-nepuk secara halus pada punggung bayi. Dengan demikian cegukan akan cepat hilang.

 

4. Sendawa

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan cara menggendong bayi diposisikan berdiri pada bahu sang ibu. Kemudian kita menepuk-nepuk punggungnya dengan harapan agar bayi bisa bersendawa.

Cegukan yang terjadi pada bayi memang merupakan hal yang normal, tetapi itu bisa menjadi tidak normal lagi bila cegukan terjadi lebih dari satu jam. Apabila anda mendapati sang bayi anda mengalami cegukan yang tak kunjung reda, maka anda disarankan untuk membawa bayi anda ke dokter anak terdekat.

Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *