Tips Aman Menggunakan Gadget Agar Tidak Merusak Mata

header niko 728 x 90

tips aman bermain gadget

InspirasiBersama.com – Maraknya penggunaan gadget belakangan ini membuat banyak orang mengalami gangguan pada mata. Yang mencengangkan adalah gangguan tersebut bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi anak-anak sudah banyak yang mengalami berbagai gangguan mata seperti mata kering, mata yang kelelahan (astenopi) dan rabun jauh (miopia). Untuk itu sangat penting memperhatikan penggunaan gadget agar tidak merusak mata.

Saat seorang anak banyak menghabiskan waktu bermain gadget, maka akan membuat mata anak menjadi lelah atau dikenal dengan astenopi. Hal ini dikarenakan saat mata banyak menatap layar gadget, maka akomodasi mata akan meningkat.

Karena akomodasi otot-otot mata yang berlangsung lama, maka akan membuat mata kita menjadi cepat lelah. Kelelahan mata yang seperti ini sering menimbulkan gejala pusing, pandangan menjadi kabur, atau bahkan pandangan menjadi ganda (double).

Bukan hanya itu saja, saat seseorang atau anak bermain gadget dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat mata jarang untuk berkedip atau refleks mata akan menurun. Aktivitas yang semacam ini akan membuat mata kita akan terasa panas, pedih, berair, atau bahkan merah. Sehingga tak jarang kita akan mengalami pandangan yang kabur.

Baca Juga  Ibu Yang Menyusui Bisa Mencegah Terjadinya Kanker Ganas

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Mengatasi Mata Yang Lelah Akibat Layar Komputer

Untuk dampak mata menjadi rabun jauh, hal ini disebabkan karena saat memandang gadget atau objek dalam jarak yang dekat dalam waktu yang lama. Hal ini membuat titik fokus pada mata akan berkurang karena terlalu lama melihat objek yang dekat.

Untuk menghindari kerusakan mata akibat penggunan gadgetdalam waktu yang lama, maka kita perlu memperhatikan beberapa tips berikut :

1.      Bagi seorang anak, untuk menghindari berbagai macam masalah pada mata akibat penggunaan gadget, sebaiknya orang tua membatasi penggunaan gadget anak maksimal 2 jam sehari.

2.      Bagi anda yang mempunyai kebiasaan menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama, maka untuk menghindarkan dari kerusakan mata maka sebaiknya memberikan jeda selama beberapa menit untuk mata beristirahat. Misalnya anda memberi kesempatan mata untuk melihat jauh jika sudah menggunakan gadget selama 30 menit. Dengan memberikan kesempatan mata untuk beristirahat melihat objek yang jauh, maka kita bisa terhindar dari rabun jauh (miopia).

Baca Juga  Bahaya Orang Yang Suka Marah Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

3.      Selanjutnya anda harus memperhatikan jarak antara mata dengan dgadget. Menurut para pakar sangat disarankan untuk melihat gadget dengan jarak aman sekitar 30-40 cm. Hal ini membuat jarak pandang mata kita tidak terlalu dekat yang membuat radiasi ke mata semakin besar.

4.      Bagi sebagian orang atau anak-anak sering kita melihat mereka menikmati bermain gadget sambil tidur-tiduran. Hal ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada mata kita.

5.      Kecanggihan barang elektronik seperti gadget membuat kita mudah untuk mengatur kontras layar pada gadget. Sangat disarankan untuk lebih meredupkan cahaya pada gadget saat digunakan. Hal ini untuk meminimalisir radiasi yang semakin besar pada layar gadget.

6.      Tips aman menggunakan gadget selanjutnya adalah dengan cara mengatur cahaya ruangan agar tidak terlalu redup. Cahaya ruangan yang redup saat kita menggunakan gadget akan membuat kontras dari layar gadget akan lebih dominan.

Baca Juga  Benarkah Makan Pasta Tidak Menyebabkan Kegemukan ?

7.      Bagi yang sering menggunakan gadget maka sangat disarankan untuk banyak melakukan berkedip saat menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama. Kedipan mata yang teratur akan membuat mata kita tidak mudah lelah, panas, dan pedih.

Itulah tips aman menggunakan gadget agar tidak merusak mata. Apabila kita sayang dengan mata kita, maka sebaiknya memperhatikan beberapa tips aman diatas. Jika kita mengabaikan kesehatan mata, maka cepat atau lambat kita akan mengalami masalah pada mata kita.

Artikel Terkait : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *