Tips Aman Makan Setelah Olahraga

header niko 728 x 90

cara makan setelah olahraga

Saat kita selesai melakukan olahraga tentu akan merasa lapar dan mendorong kita untuk melakukan makan. Kebutuhan kalori untuk atlet dan orang biasa tentunya berbeda. Jika kita hanya 2-3 kali berolahraga dalam seminggu, maka kebutuhan akan kalori akan berbeda dengan para atlet yang selesai melakukan olahraga.

Berikut tips aman makan setelah kita berolahraga agar kita tidak makan secara berlebihan sehingga tidak menimbulkan masalah pada kesehatan kita :

1. Makan setelah 30-60 menit olahraga

Apabila kita setelah melakukan olahraga yang berat, maka sangat disarankan untuk segera makan dalam waktu 30-60 menit setelah berolahraga. Saat kita berolahraga berat maka banyak kalori yang terbuang dan banyak tekanan pada otot, sendi dan tulang kita. Dengan kita makan setelah 30-60 menit maka diharapkan bisa mengembalikan stamina kita yang telah habis terkuras saat olahraga.

Baca Juga  Benarkah Tes Kehamilan Harus Dilakukan Pada Pagi Hari ?

2. Jangan hanya berpikir tentang protein

Protein memang memberikan banyak manfaat dalam membentuk otot kita, tetapi setelah kita melakukan olahraga tidak hanya makan makanan yang mengandung banyak protein saja, tetapi juga lemak baik yang sangat berguna untuk pemulihan otot dan sendi kita saat kita berolahraga

3. Seimbang

Makan secara seimbang setelah olahraga adalah penting. Jika anda sudah melakukan makan setelah berolahraga, maka sebernarnya anda sudah tidak membutuhkan cemilan lagi untuk mengganti kalori yang hilang saat kita berolahraga. Jika anda sedang dalam proses diet dengan berolahraga, maka konsumsilah makanan pengganti kalori yang hilang secara cukup, jangan membiarkan tubuh anda lemas meskipun anda dalam keadaan diet

Baca Juga  Jika Ingin Memiliki Badan Yang Sehat dan Aktif Sampai Tua Hindari Ini

4. Terhidrasi kembali

Setelah kita melakukan olahraga baik berat maupun ringan, maka banyak cairan tubuh yang keluar bersama keringat kita. Dengan demikian kita membutuhkaan cairan sebagai rehidrasi untuk menggantikan cairan yang keluar selama kita berolahraga. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita terhindar dari dehidrasi yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

 

Artikel terkait : Beberapa hal Yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *