Tips Alami Mengatasi Refluks Asam Lambung

header niko 728 x 90

refluks asam lambung

InspirasiBersama.com – Meningkatnya asam lambung bisa berakibat pada refluks asam lambung yang naik ke bagian esofagus. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman pada area dada yang biasanya disebut dengan heartburn.
Gejala terjadinya refluks asam lambung bermacam-macam, bisa jadi orang akan mengalami rasa mulas bahkan sampai nyeri pada tenggorokan. Ada beberapa obat yang mampu mengatasi refluks asam lambung, tetapi yang penting adalah kita harus menghindari faktor penyebabnya misalnya makanan atau minuman yang bisa memicu refluks lambung.

Ada tips alami untuk mengatasi refluks asam lambung, diantaranya :
–       Tips awal yang harus anda perhatikan adalah cara berpakaian. Banyak orang yang mengalami refluks asam lambung dikarenakan pakaian yang terlalu ketat. Hal ini bisa membuat penekanan pada daerah perut yang memicu asam lambung naik ke esofagus.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Pandai Bersyukur ?

 

–       Langkah kedua adalah anda harus memperhatikan porsi makan. Biasanya orang akan mengalami refluks asam lambung setelah mereka makan dalam porsi yang besar. Yang dianjurkan adalah makan dalam jumlah sedikit tapi sering. Selain itu makan dalam jumlah yang besar juga memicu obesitas dan diabetes.

 
–       Selanjutnya yang harus anda hindari adalah kebiasaan merokok. Tahukah anda merokok dapat membuat lambung kita banyak memproduksi asam lambung dalam jumlah yang besar. Selain itu nikotin yang terkandung dalam rokok juga mempengaruhi kekuatan otot lambung dan esofagus yang berguna dalam menahan asam lambung agar tidak refluks atau naik ke atas.

Baca Juga  Adakah Efek Samping Memutar Tubuh Sampai Mengeluarkan Bunyi ?

 

–       Kita harus mempu mengenali beberapa makanan yang menimbulkan refluks asam lambung. Diantaranya adalah makanan pedas, kafein, berlemak, minuman asam dan alkhohol. Anda harus menghindari makanan dan minuman itu jika tidak ingin terjadi refluks asam lambung.

 

Artikel Terkait : Resah Dengan Rasa Mual ? ATasi Dengan Minum Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *