Tips Agar Tidak Sering Terbangun Dari Tidur Untuk Pipis di Malam Hari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Apakah anda pernah mengalami sering kencing saat tidur di malam hari ? Jika pernah tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas tidur kita. Bahkan sebagian orang mengeluh susah tidur lagi pasca buang air kecil di malam hari. Bagaimana cara mensiasati agar tidak sering terbangun untuk pipis di malam hari ?

sumber : https://newsmedia.co.id – mengatasi sering kencing malam hari

Keinginan untuk buang air kecil di malam hari disebut dengan nokturia. Kondisi ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius pada tubuh kita.

Secara umum penyebab mengapa kita mengalami nokturia disebabkan karena dua hal. Pertama adalah karena kita melakukan sebuah hal yang membuat ada banyak tumpukan urine di dalam tubuh. Kebiasaan ini seperti minum dalam jumlah yang banyak, efek dari mengkonsumsi obat tertentu, dan adanya gangguan kesehatan seperti kerusakan liver dan juga gagal jantung.

Baca Juga  Rutin Konsumsi Teh Hijau Bisa Mencegah Kanker Payudara

Penyebab kedua adalah karena kandung kemih itu sendiri yang tidak banyak terdapat air. Mereka yang mengalami hal ini akan merasakan kencing sering namun dalam jumlah yang sedikit. Penyebab dari masalah ini adalah karena adanya infeksi atau peradangan dan juga pembesaran pada prostat.

Bila anda mengalami masalah nokturia atau sering kencing di malam hari saat tidur, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab secara pasti. Namun disini akan kami bahas tentang beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya keinginan untuk pipis di malam hari saat tidur :

Baca Juga  Mengukur Jumlah Kalori Yang Terbuang Saat Melakukan Olahraga Bersepeda

1. Kurangi konsumsi cairan sebelum tidur

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membatasi atau mengurangi asupan cairan sebelum tidur. Lakukan minum air beberapa jam sebelum anda tidur.

2. Berhenti konsumsi kafein dan alkohol

Kebiasaan suka mengkonsumsi kafein dan minuman beralkohol juga bisa menyebabkan kita sering terbangun di malam hari untuk pipis. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini sebaiknya anda membatasi untuk mengkonsumsinya. Kedua minuman tersebut kaya akan kadungan kafein yang memicu keinginan untuk sering kencing.

3. Mengontrol konsumsi obat

Baca Juga  Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga ?

Sering kencing di malam hari juga bisa dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Obat tersebut bersifat diuretik atau melancarkan buang air kencing. Jenis obat ini seperti obat hipertensi, furosemid, pereda nyeri dan juga antibiotik.

4. Kurangi konsumsi garam

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi garam, maka akan berpengaruh pada keinginan untuk buang air kecil lebih banyak termasuk di malam hari.

Artikel Terkait : Penyebab Wanita Dewasa Sering Ngompol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *