Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Di usia Tua

header niko 728 x 90

tips sehat usia 40 tahun

Setiap orang tentu mengalami penurunan fungsi kesehatan seiring bertambahnya usia mereka. Ini tidak bisa kita hindari. Untuk itu jika usia kita termasuk 40 tahun ke atas maka anda harus sering melakukan evaluasi terhadap perkembangan kesehatan anda.

 
Mengapa dimulai dari usia 40 tahun ? karena pada saat usia menganjak 40 tahun biasanya mulai terjadi timbulnya penyakit degeneratif yang sering melanda. Contohnya adalah diabetes, darah tinggi, jantung dan osteoporosis.

hal itu selaras dengan ungkapan seorang dokter yang bernama dr. Dasaad Mulijono, Phd yang mengatakan bahwa pada usia 40 tahu merupakan saat yang tepat untuk lebih mengevalusi kesehatan secara periodik.

Baca Juga  Salah Mengolah Kentang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

 
Tahukah kita jika kita menjumpai seorang yang sudah berusia 70-80 tahunan yang masih terlihat kuat dan energik tidak lepas pada gaya hidup yang dilakukan sejak usia 40 tahunan. Pada usia 40 tahunan orang harus berusaha merubah pola gaya hidupnya jika ingin tetap sehat pada usia tuanya.

 
Saat orang mengalami pertambahan usia, maka terjadi pula penurunan metabolisme tubuh terutama metabolisme lemak. Sehingga banyak lemak dalam tubuh yang tidak bisa di bakar oleh tubuh sehingga menumpuk pada tubuh yang bisa memicu terjadinya penyakit.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Kepalanya Terasa Pusing

Apa yang harus kita lakukan jika sudah berusia 40 tahunan ?. Lakukan diet sehat dan melakukan olahraga secara taratur. Dengan melakukan hal itu diharapkan metabolisme lemak bisa menjadi lebih baik dan tubuh menjadi lebih sehat. Jika anda mampu merubah pola gaya hidup anda mulai dari selektif pada apa yang kita makan dan olahraga secara teratur, maka anda akan terlihat lebih awet muda, bugar dan sehat di usia tua kita.

Selain itu yang tidak kalah pentingnnya adalah lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Dengan kita melakukan pemeriksaan secara taratur, maka akan lebih mudah memonitor kesehatan kita jika ada yang kurang sehat bisa ditangani sejak dini. Misalnya rutin melakukan cek tekanan darah, gula darah dan kolesterol.

Baca Juga  Bolehkah Obat Batuk Untuk Orang Dewasa diberikan Kepada Anak ?

 
Artikel Terkait : Manfaat Lari Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *