Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

header niko 728 x 90

menjaga kesehatan jantung 3

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah data WHO menyebutkan bahwa banyak orang meninggal yang disebabkan karena penyakit pada kardiovaskuler. Pada tahun 2013 jumlahnya mencapai 17,5 juta jiwa. Salah satu contoh penyakit kardiovaskuler adalah penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindari kedua penyakit ini, sangat penting untuk mengetahui tips agar terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Meskipun tergolong penyakit yang tinggi beresiko pada kematian, penyakit jantung dan stroke bisa dicegah dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Beberapa contohnya adalah rajin berolahraga, menu makanan yang sehat, menghindari merokok dan stres adalah tips yang sangat ampuh terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Selain merubah pola makan dan gaya hidup yang sehat, sangat disarankan pula untuk rajin mengontrol kondisi tubuh seperti tekanan darah, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol.

Baca Juga  Saudara Kandung Tak Mesti Mempunyai Alergi Yang Sama

Berikut beberapa tips agar terhindar dari serangan jantung dan stroke :

Lakukan pola makan sehat: Hal yang pertama agar kita terhindar dari serangan jantung dan stroke adalah dengan cara menerapkan pola makan sehat. Yang harus anda konsumsi adalah banyak buah dan sayuran, kurangi makanan berlemak, batasi asupan garam, kurangi makanan manis, makan daging yang rendah lemak, banyak makan ikan dan kacang-kacangan.

 

Lakukan aktivitas fisik secara rutin: Hal kedua yang harus kita lakukan adalah melakukan aktivitas fisik rutin setiap hari selama 30 menit. Dengan begitu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jauhi merokok: Gaya hidup yang harus anda hindari adalah menggunakan produk tembakau seperti merokok. Hal ini berlaku bagi anda yang perokok aktif maupun pasif. Kita tahu bahwa kebiasaan merokok bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga  Cara Mengatasi Nyeri Punggung Yang Muncul Saat Haid

Baca Juga : Penyebab Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda

Apabila anda saat ini mempunyai berat badan yang berlebih atau obesitas, mempunyai kebiasaan merokok, memiliki tekanan darah yang tinggi, dan kadar kolesterol yang tinggi maka sangat disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter.

Rajin cek tekanan darah: Yang harus sering kita pantau adalah tekanan darah. Lakukan rutin melakukan cek tekanan darah agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan pencetus munculnya serangan jantung dan stroke secara mendadak.

Rajin cek kadar kolesterol: Selanjutnya adalah rutin melakukan cek kadar kolesterol dalam darah tinggi. Kita tahu bahwa kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan bisa menyebabkan sumbatan pembuluh darah jantung dan stroke.

Baca Juga  Jangan Biasakan Gunakan Gawai Untuk Menenangkan Anak

Rajin cek kadar gula darah: Yang terakhir adalah lakukan juga rutin cek kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes yang bisa memicu gangguan pada jantung dan stroke. Oleh karena itu sangat penting untuk menghindari makanan manis dan kurangi kalori agar kadar gula dalam darah kita menjadi stabil.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *