Tips Agar Mulut Tak Berbau Tak Sedap Saat Puasa

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tips agar mulut tak berbau tak sedap saat puasa. Saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan, kerap kali kita kurang percaya diri berinteraksi dengan orang lain karena mulut yang berbau. Bagaimana cara mengatasi bau mulut ini ?

 

 

Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi membuat kita antisipasi mencegah bau mulut saat puasa. Dengan bau mulut yang tetap segar, tentunya akan membuat kita lebih percaya diri saat harus berinteraksi dengan orang lain selama puasa.

sumber gambar : Tribunnews.com

Berikut beberapa tips yang boleh dilakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa :

 

Air liur “teman baik” Anda

Baca Juga  Sering Mengalami Memar Bisa Jadi Pertanda Gangguan Autoimun ITP

 

Menurut para pakar kesehatan, air liur mempunyai peranan yang sangat tinggi dalam membunuh bakteri yang ada di mulut. Hal ini disebabkan karena air liur kaya akan kandungan oksigen tinggi.

 

Saat kita mengunyah makanan, maka saliva atau air liur mempunyai peranan memecah partikel pada makanan serta menyisihkan kotoran yang ikut tertelan.

 

Saat kita tidur dan bernapas menggunakan mulut, maka akan membuat produksi saliva menjadi menurun. Hal ini berakibat pada keringnya area mulut yang membuat bakteri lebih mudah berkembang. Jadi untuk menghindari bau mulut setelah tidur, maka usahakan tidur dalam kondisi mulut tertutup

Baca Juga  Remaja Yang Obesitas Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Liver

Baca Juga : Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya 

 

Hindari alkohol

 

Hal kedua yang harus dihindari agar mulut tidak berbau tak sedap adalah menghindari konsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol akan memicu dehidrasi pada tubuh yang secara otomatis membuat produksi saliva juga menurun. Hal ini akan memicu kondisi mulut yang kering dan berbau tak sedap.

 

Menggunakan obat kumur yang mengandung banyak alkohol juga akan menyebabkan mulut menjadi kering. Jadi pada saat sahur pada bulan Ramadhan, usahakan jangan menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol yang tinggi.

 

Gosok lidah Anda

 

Hal yang terakhir agar mulut kita tidak berbau saat puasa adalah dengan menggosok gigi dan jangan lupa lidah. Saat kita makan, maka ada banyak kemungkinan partikel akan ikut menempel pada lidah. Hal ini akan memicu tumpukan sisa makanan yang memicu bau mulut. Oleh karena itu, saat menggosok gigi jangan lupa menggosok bagian lidah juga.

Baca Juga  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Kulit

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *