Tips Agar Jantung Tetap Sehat Selama Liburan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengapa penting tetap menjaga kesehatan jantung saat liburan ?. Hal ini dikarenakan berdasarkan sebuah data kunjungan sebuah rumah sakit jantung menyatakan bahwa kasus serangan jantung terbanyak terjadi pada saat masa liburan. Dengan data tersebut, maka saat liburan kita harus tetap menjaga kesehatan jantung kita.

Saat liburan datang, maka secara otomatis orang menjadi makin malas beraktivitas. Mereka cenderung lebih banyak dirumah. Nonton TV, banyak ngemil dan makan jenis makanan yang tak terkontrol. Dengan kebiasaan yang seperti ini, maka tak heran jika banyaknya kasus serangan jantung terjadi pada saat seseorang liburan.

sumber gambar : theasianparent.com

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar jantung kita tetap sehat meskipun pada musim liburan :

Baca Juga  Untuk Melawan Obesitas, Olahraga Saja Tidak Akan Cukup

1. Kontrol makanan
Tips pertama yang wajib kita lakukan adalah dengan mengontrol pola makan kita. Beberapa makanan yang harus kita hindari adalah konsumsi banyak lemak, gula, garam dan konsumsi makananan dalam jumlah berlebih. Anda harus lebih banyak konsumsi buah dan sayuran.

2. Sesuaikan kegiatan liburan dengan kemampuan
Tips menjaga kesehatan jantung yang kedua selama liburan adalah dengan tidak melakukan liburan diluar kemampuan. Terlebih bagi anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Jangan sampai memaksakan liburan yang ekstrim sehingga menyita banyak kekuatan fisik.

Baca Juga  Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan herat rate yang aman yang boleh anda lakukan. Dengan begitu menghindarkan aktivitas yang bisa membebani kerja jantung terlalu tinggi.

3. Sempatkan olahraga
Meskipun pada saat liburan, anda harus tetap melakukan olahraga. Biasanya kebanyakan orang saat libur, maka kegiatan olahraga juga ikut libur. Padahal olahraga sangat penting untuk membakar kalori dalam tubuh kita.

Baca Juga : Pentingnya Cek Denyut Nadi Saat Berlari

4. Jangann lupa minum obat
Tips terakhir bagi anda yang sudah mengalami masalah jantung seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka tetap disarankan untuk minum obat secara rutin sesuai yang disarankan dokter.

Baca Juga  Mengapa Krim Wajah Disarankan Disimpan Dalam Lemari Es ?

Mengapa hal ini penting ? Karena kondisi tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dengan baik bisa memicu munculnya gangguan pada jantung. Anda bisa membawa obat tersebut meskipun saat liburan ke suatu tempat.

Artikel Terkait : Manfaat Melakukan Liburan Sambil Meditasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *