Tips Agar Anak Cepat Mengantuk

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai orang tua tentu sering mengalami begadang sampai malam hari karena anak susah tidur. Padahal begadang tidaklah baik bagi kesehatan baik bagi orang dewasa terlebih bagi anak-anak.

Bagi anda yang mempunyai anak susah mengantuk pada malam hari, bisa menerapkan beberapa tips berikut agar anak bisa tidur lebih cepat :

1. Bangun Imajinasi dengan dongeng

Tips pertama agar anak cepat mengantuk pada malam hari adalah dengan cara membacakan dongeng sebelum tidur. Anak mempunyai daya belajar dan mengingat lebih tajam sehingga mampu membangun  imajinasi anak.

sumber gambar : alodokter.com

Sebelum kita membacakan dongeng pada anak, sebaiknya hal yang penting diperhatikan orang tua adalah membuat posisi yang nyaman pada anak. Anda bisa membacakan dongeng pada anak sambil berbaring atau duduk yang nyaman.

Baca Juga  Tips Menidurkan Si Kecil Lebih Cepat dengan 3 Langkah

Saat kita membacakan dongeng pada anak, sebaiknya memperhatikan nada suara. Ucapkan kata-kata cerita dengan suara yang lembut dan menenagkan. Dengan begitu anak akan lebih merasa nyaman dan cepat mengantuk.

 

2. Baca dengan keras

Tips yang kedua adalah sering membacakan buku pada anak dengan cukup keras. Secara alami seorang anak lebih sering membaca dengan nada yang lebih keras. Lakukan hal yang sama dengan sering membacakan buku pada anak dengan posisi anak berada di samping orang tua.

Baca Juga  Benarkah Anak Yang Lahir Caesar Beresiko Besar Mengalami Alergi ?

Anak yang sering dibacakan sebuah cerita atau buku, maka membangun daya imajinasi yang lebih tinggi dan membuat anak lebih rileks. Saat anak mulai merasa sedikit mengantuk, maka rubah intonasi lebih rendah sampai anak benar-benar mengantuk dan tertidur.

3. Mewarnai

Siapa sangka kalau kegiatan mewarnai yang dilakukan anak bisa membuat anak menjadi lebih rileks dan nyaman. Kondisi ini sangat baik membuat perasaan anak lebih tenang sehingga anak lebih mudah mengantuk. Anda bisa berikan berbagai jenis buku mewarnai agar anak tidak merasa bosan.

Baca Juga : Cara Mengenali Anak Yang Mempunyai Bakat Terpendam

4. Bermain sand tray atau menyusun balok

Baca Juga  Makan Mie Instan Saat Hamil

Membiarkan anak bermain pasir atau bermain menyusun balok bisa bermanfaat pada kreatifitas dan kognitif anak. Bukan hanya itu saja, anak akan cenderung bisa lebih tenang dan asyik dengan permainannya.

Dengan semakin anak merasa nyaman, maka akan membuat anak mudah mengantuk dan cepat tidur.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Sering Membacakan Dongeng Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *