Tindakan Segera Yang Harus dilakukan Saat Terjadi Serangan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa seseorang yang mendapati serangan jantung membutuhkan pertolongan segera. Banyak kasus kematian penderita jantung yang disebabkan karena pertolongan yang terlambat saat terjadi serangan. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui tindakan segara yang harus dilakukan saat terjadi serangan jantung.

 

Pada intinya seseorang yang mengalami serangan jantung harus kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Namun pada saat kejadian kita juga bisa memberikan bantuan tindakan yang bisa menyelamatkan penderita dari resiko kematian.

serangan-jantung-4

sumber gambar : seranganjantung.org

Menurut salah seorang dokter spesialis jantung yang bernama Ismoyo Sunu mengatakan bahwa seseorang yang mengalami serangan jantung harus bisa bersikap tenang. Dengan bersikap tenang maka akan mengurangi resiko bertambah sesak yang memperburuk serangan jantung. Selain itu penting juga untuk mengurangi aktivitas seperti makan dan minum.

Baca Juga  Orang Tua Berperan Penting Mencegah Gigi Anak Berlubang

 

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah memposisikan penderita di tempat yang aman dan nyaman. Usahakan dengan posisi setengah duduk. Posisi ini bisa mengurangi efek sesak napas dan membuat lebih lega.

 

Banyak kita melihat masyarakat yang sering memberikan minum saat menjumpai seseorang yang tidak sadarkan diri. Mereka berharap dengan memberikan minum maka bisa membuat penderita cepat sadar. Padahal kondisi pasien yang tidak sadar jika diberikan cairan atau minum, maka bisa berpotensi masuk ke saluran pernapasan yang akan membuat pasien semakin sesak.

Baca Juga  Apakah Boleh Melakukan Olahraga 2 kali Dalam Sehari ?

Baca Juga : Apa Tandanya Kalau Kita Mengalami Serangan Jantung ?

 

Langkah pertama jika kita mendapati seseorang yang tak sadarkan diri karena serangan jantung adalah mencari tempat yang aman. Selanjutnya adalah melakukan cek kesadaran pasien. Cara lakukan cek kesadaran adalah dengan cara memangggil nama ‘pak’ atau ‘ibu’ sambil menepuk pungungnya. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah meminta bantuan kepada orang lain untuk memanggilkan ambulans dengan segera.

 

Sebenarnya yang kita lakukan selanjutnya adalah melakukan cek nadi pasien yang tidak sadar tersebut. Jika tidak teraba nadi, jika anda pernah melakukan sebuah pelatihan penanganan korban bencana atau pelatihan BLS (Basic Life Support) maka bisa melakukan pijat jantung. Namun bagi anda yang takut akan hal ini, bisa meminta bantuan dengan segera.

Baca Juga  Salah Satu Cara Mencegah Kanker Adalah Dengan Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Artikel Terkait : Cara Membedakan Nyeri Dada Serangan Jantung dan Asam Lambung 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *