Tidur Dengan Durasi Yang Cukup Bisa Mencegah Diabetes

header niko 728 x 90

wake up

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa untuk mencegah diabetes salah satunya bisa kita lakukan dengan cara tidur dengan durasi yang cukup. Berdasarkan sebuah hasil survei menyebutkan bahwa tingginya angka penderita diabetes sekarang ini bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat seperti tidur kurang dari delapan jam semalam.

 

Saat ini banyak orang yang mengaku kurang bisa melakukan tidur dengan durasi delapan jam pada malam hari. Penyebabnya bisa karena tingginya tuntutan pekerjaan, kemacetan di jalan, serta godaan untuk bermain gadget. Hal itulah yang membuat manusia modern sekarang ini banyak yang menderita diabetes yang disebabkan karena menyepelekan waktu tidur.

Baca Juga  Tips Memilih Jenis Makanan Yang Masih Segar dan Punya Kualitas Yang Baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa apabila kita kurang waktu tidur pada malam hari akan menyebabkan kita malas beraktivitas, merasa kelelahan, kurang bisa berkonsentrasi dan memicu obesitas. Semuanya akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Namun bukan berarti tidur dengan durasi yang terlalu lama aman bagi kesehatan. dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa melakukan tidur kurang dari waktu normal dan banyak tidur mempunyai andil dalam pencetus penyakit diabetes.

Seseorang yang melakukan kurang tidur maupun terlalu banyak tidur membuat metabolisme glukosa dalam tubuh terganggu. Selain itu fungsi insulin dalam tubuh juga tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak mampu menstabilkan tingginya kadar gula darah.

Baca Juga  Jika Anda Hobi Makan ‘Fast Food’, Anda Harus Banyak Olahraga

Saat ini para ahli menyebutkan waktu tidur normal seseorang pada malam hari adalah sekitar 7-8 delapan jam.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan obesitas. Hal ini disebabkan karena saat kita kurang tidur maka akan mendorong kita untuk mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat. Bukan hanya itu saja, kurang tidur juga akan membuat emosi kita meningkat dan terjadi penurunan daya ingat. Saat kita konsumsi makanan yang tidak sehat, maka akan memicu meningkatnya berat badan dan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga  Benarkah Hobi Suka Bersepeda Bisa Memicu Mengalami Disfungsi Ereksi ?

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Yang Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *