Tidak Disarankan Minum Kopi Jika Muncul Gejala Ini

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak disukai orang karena rasa dan aromanya. Selain itu mengkonsumsi kopi juga bisa membuat kita lebih bersemangat dan pikiran segar. Meskipun kopi mempunyai manfaat bagi kesehatan, namun jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak maka menyebabkan masalah kesehatan.

sumber gambar : http://elshinta.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kopi adalah salah satu minuman yang kaya akan kandungan kafein. Kafein merupakan zat yang apabila masuk dalam tubuh manusia maka bisa berfungsi sebagai stimulan bagi sistem saraf pusat. Kita tahu bahwa sistem saraf pusat fungsinya akan mempengeruhi atau memberikan perintah fungsi tubuh. Jadi kalau kita banyak mengkonsumsi kafein, maka otomatis akan mempengaruhi fungsi tubuh kita.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Banyak Wanita Yang Tidak Bisa Menikmati Seks

Mereka yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan gejala tangan menjadi gemetaran. Jika anda mengalami gejala ini, maka sebaiknya berhenti minum kopi atau mengurangi konsumsi kopi harian. Meskipun demikian tak semua orang akan mengalami gejala yang sama meskipun sudah banyak minum kopi.

 

Selain gejala tangan gemetaran, mereka yang terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan gangguan irama jantung atau aritmia. Kondisi ini akan membuat detak jantung anda menjadi lebih cepat akibat pengaruh kafein yang berlebihan dalam tubuh. Biasanya kondisi ini akan membaik setelah beberapa jam setelah kafein banyak dikeluarkan oleh tubuh melalui kencing. Jika anda mengalami gejala ini sebaiknya berhenti minum kopi dan lebih banyak minum air putih untuk bisa mengeluarkan efek kafein yang berebihan dari tubuh. Namun jika kondisi ini berlangsung lama, sebaiknya anda segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Bahaya Jika Pria Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Gangguan Pada Irama Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *