Tidak Disarankan Mengobati Rasa Gatal Dengan Sembarang Obat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kita semua tentunya pernah mengalami sakit gatal yang bisa disebabkan karena berbagai sebab. Terkadang hal sepele yang sering kita lakukan di rumah seperti mencuci piring, mencuci baju, membersihkan rumah dan mengepel lantai bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit.

Rasa gatal yang muncul akibat beberapa perilaku tersebut sering membuat banyak orang menyepelekan. Mereka cenderung akan langsung membeli obat gatal secara sembarangan di toko obat. Hal ini berdasarkan saran teman maupun melihat iklan di televisi. Kalau obat yang digunakan tidak meredakan rasa gatal, maka dengan mudahnya kita membeli obat lain untuk meredakan rasa gatal.

sumber gambar : Tempo.co

Kalau kita berbicara tentang obat gatal yang banyak dijual, maka ada banyak sekali jenis dan sediaannya. Ada yang berupa bedak, sabun, krim dan obat cair. Tentunya setiap obat gatal mempunyai bahan aktif yang berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga  Kurang Sinar Matahari Pagi Bisa Menyebabkan Nyeri Kepala Sebelah

Perlu diketahui bahwa rasa gatal yang sering kali muncul pada kulit kita disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda. Ada kalanya gatal disebabkan oleh faktor bakteri. Kalau ternyata kita membeli obat gatal yang tidak ada efek anti-jamur, maka bisa dipastikan gatal akan tetap subur di kulit kita. Selain itu gatal juga bisa disebabkan karena alergi. Jenis gatal yang seperti ini juga tidak ada reda jika kita berikan obat gatal anti-jamur. Justru kondisi ini malah menyebabkan masalah kulit yang lain seperti dermatitis.

Sebagai orang Indonesia yang mempunyai iklim yang tropis, rasa gatal yang sering kali terjadi lebih sering disebabkan karena kondisi kulit yang lembab dan berkeringat sehingga menyebabkan banyak jamur tumbuh dengan subur pada kulit. Salah satu contohnya adalah kasus kutu air.

Ada sebagian orang yang juga merasakan kulit gatal yang disebabkan karena alergi terhadap sesuatu. Misalnya saja alergi terhadap bahan plastik, yaitu saat memakai sandal atau sepatu. Selain itu kebiasaan mencuci piring juga bisa menyebabkan alergi pada kulit. Orang yang semacam ini mempunyai jenis kulit yang sensitif.

Baca Juga  Hati-hati Orang Kurus Juga Bisa Terkena Diabetes

Selain itu ada juga orang yang ternyata alergi terhadap suatu jenis sabun tertentu. Misalnya saja terasa gatal justru setelah mandi. Selain itu produk kecantikan seperti bedah, parfum dll juga kerap menyebabkan alergi pada kulit yang menimbulkan rasa gatal.

Bagi anda yang merasa kesulitan membedakan rasa gatal yang disebabkan karena jamur dan alergi, bisa membaca tips ini. Bagi anda yang sering kali merasakan rasa gatal pada daerah lipatan yang cenderung lembab, maka kemungkinan besar disebabkan karena jamur. Sedangkan rasa gatal yang disebabkan karena kontak dengan benda-benda tertentu seperti sabun, kosmetik dan plastik, tergolong gatal yang disebabkan karena alergi.

Baca Juga : Penyebab Sering Merasa Gatal Pada Organ Genital Wanita

Bagi anda yang sering kali merasakan gatal saat terjadi kontak dengan bahan tertentu, maka hal utama yang harus anda lakukan adalah menghindari kontak bahan tersebut dengan kulit kita. Ini adalah menjadi hal yang wajib dilakukan.

Baca Juga  Daftar Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata

Namun untuk jenis gatal yang disebabkan karena jamur maupun virus, maka sebaiknya anda datang berobat ke dokter untuk mendapatkan obat gatal yang sesuai. Jangan biasakan membeli obat gatal secara sembarangan di toko obat atau apotek. Hal ini bisa menyebabkan efek samping yang lebih serius pada kulit kita jika tidak sesuai.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Rasa Gatal Yang Muncul Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *