Tidak disarankan Melakukan Diet Secara Berlebihan Sebelum Menikah

header niko 728 x 90

menurunkan-berat-badan-sebelum-menikah

InspirasiBersama.com – Sering kali kita melihat seseorang yang hendak merencanakan pernikahan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Mereka merasa kurang percaya diri dengan penampilan tubuhnya sekarang ini. Mereka ingin terlihat maksimal saat hari pernikahan nantinya.

Tidak jarang mereka melakukan diet yang terbilang ekstrim dengan harapan bisa menurunkan berat badan sesuai harapan. Ternyata hal ini terjadi pada kebanyakan wanita yang hendak melangsungkan pernikahan. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa hampir 70 persen para calon pengantin melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Dari segi kesehatan menurunkan berat badan yang berlebih tidak menjadi suatu masalah atau bahkan sangat dianjurkan. Namun yang menjadi perhatian adalah cara yang digunakan. Banyak orang yang melakukan diet secara berlebihan yang membahayakan kesehatan demi bisa menurunkan berat badan secara cepat.

Baca Juga  Jika Mempunyai Anak Yang Gemuk, Orang Tua Perlu Melakukan Hal Ini

Baca Juga : Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan

Apalagi bagi mereka yang hendak melangsungkan pernikahan, banyak sekali dijumpai melakukan diet yang sangat berlebihan. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mempunyai waktu yang lama menuju hari pernikahan. Mereka cenderung menghalalkan pola diet yang berbahaya hanya demi tampil langsing pada pernikahan kelak.

Yang lebih berbahaya lagi adalah mereka yang mengalami brideorexia yaitu mereka yang hendak menikah dan menganggap berat badan masih belum langsing sehingga dirasa sangat perlu melakukan diet yang berlebihan. Padahal berat badannya tidak terlalu berlebihan yang dia persepsikan.

Mereka yang hendak menikah dan melakukan progran diet yang berlebihan akan menyebabkan kondisi malnutrisi atau tubuh kekurangan nutrisi. Mungkin akan membuat tubuh langsing dengan cepat, namun tubuh kita ternyata menjadi kekurangan nutrisi. Dengan kondisi seperti ini akan memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Baca Juga  Banyak Wanita Yang Mengabaikan Gejala Kanker Ovarium

 

Salah satu jenis hormon yang akan terganggu adalah serotonin yang berfungsi memberikan perasaan senang. Dengan berkurangnya kadar hormon ini maka akan membuat mereka menjadi mudah stres dan depresi. Padahal mereka hendak melakukan pernikahan.

Bukan hanya itu saja, mereka yang hendak menikah dan melakukan pola diet yang berlebihan akan menyebabkan rasa lapar yang berlebihan. Pada kondisi ini kerap kali akan membuat kita menjadi mudah marah. Dengan begitu akan mempengaruhi hubungan dengan pasangan kita.

Baca Juga  Mengapa Ada Orang Yang Selalu Merasa Haus ?

Yang harus dilakukan bagi mereka yang hendak menikah dan melakukan diet menurunkan berat badan adalah tidak mempunyai obsesi yang sangat besar tentang penurunan berat badan. penurunan berat badan yang masih dalam batas normal dalam sebulan adalah maksimal 5 kilogram. Jangan menurunkan berat badan secara berlebihan karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Artikel Terkait : Alasan Wanita Lebih Susah Kurus dibandingkan Dengan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *