Tidak Dianjurkan Tidur Siang Terlalu Lama

header niko 728 x 90

tidur siang sebentar 2

InspirasiBersama.com – Banyak para ahli kesehatan yang tidak menganjurkan tidur siang terlalu lama. Tidur siang yang cukup memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita baik fisik maupun mental. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktunya. Hal ini dikarenakan tidur siang yang lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung kita.
Menurut para ahli, seseorang yang sering melakukan tidur siang yang lama dan sering merasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari akan meningkatkan kumpulan masalah yang lebih kompleks yang disebut dengan sindrom metabolik.

Adapun tanda-tanda seseorang mengalami sindrome metabolik adalah mempunyai tekanan darah yang tinggi, meningkatnya kadar kolesterol, kadar gula yang tinggi serta adanya penumpukan lemak yang meningkat pada area pinggang.

Baca Juga  Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

Mereka yang mempunyai masalah dengan sindrom metabolik, maka akan sangat rentan menderita penyakit jantung dan diabetes. Untuk itu sangat tidak dianjurkan tidur siang yang terlalu lama.

Berapa waktu yang disarankan untuk tidur siang ? Menurut hasil 21 penelitian yang dilakukan dengan responden sebanyak 307.000 menyatakan bahwa mereka yang tidur siang yang dilakukan tidak lebih dari 40 menit ternyata mereka tidak mempunyai masalah sindrom metabolik.

Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa para responden yang melakukan tidur siang melebihi 40 menit bahkan sampai 90 menit, maka resiko mengalami sindrom metabolik akan semakin meningkat sebesar 50 persen.

Baca Juga  Ini Dia Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Kebanyakan dari kita yang melakukan tidur siang dalam waktu yang lama disebabkan karena rasa capek dan terlalu ngantuk. Hal ini bisa disebabkan karena bekerja sift malam yang mengharuskan kita banyak istirahat pada siang hari.

Penelitian tentang kaitan waktu tidur siang yang lama dengan munculnya sindrom metabolik dilakukan oleh Dr. Tomohide Yamada yang berasal dari Universitas Tokyo, Jepang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidur siang memang memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita, namun yang harus anda perhatikan adalah durasi waktunya. Jangan melakukan tidur siang melebihi 40 menit karena bisa meningkatkan resiko sindrom metabolik yang bisa memicu penyakit jantung dan diabetes. Itulah kenapa tidur siang terlalu lama tidak dianjurkan.

Baca Juga  Benarkah Alat Pemancung Hidung Berbahaya ?

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Siang Bagi Ketajaman Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *