Ternyata Stres Bisa Memicu Gangguan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memang benar bahwa pikiran sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia. Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa stres bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

Yang berfungsi mengatur stres dalam tubuh kita adalah otak, tepatnya disebut dengan amygdala. Apabila amygdala ini bekerja dengan lebih aktif, maka artinya kita sedang mengalami stres sehingga meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

sumber gambar : detik.com

Studi tentang efek stres terhadap kesehatan jantung ini dilakukan oleh seorang pakar yang sekaligus dokter spesialis jantung bernama Dr. Ahmed Tawakol yang berasal dari Massachusetts General Hospital yang berada di Boston AS.

Baca Juga  Mengapa Berat Badan Bisa Turun Dengan Drastis ?

Baca Juga : Tidak Mempunyai Teman Juga Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Dalam studi tersebut juga diketahui kalau adanya peningkatan aktivitas yang terjadi pada area otak yang bernama amygdala berhubungan dengan proses terjadinya penyakit jantung.

Penelitian tersebut diketahui melibatkan 300 orang dengan rentan usia lebih dari 30 tahun. Mereka terbagi menjadi dua kelompok. Dalam studi awal yang dilakukan, diketahui bahwa 300 orang yang terlibat tidak ada yang terdiagnosa gangguan jantung.

Baca Juga  Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Banyaknya Uang

 

Setelah dilakukan penelitian selama 3,7 tahun, maka terdapat 22 peserta yang tercatat mengalami penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Setelah dilakukan analisa, ternyata hal ini erat kaitannya dengan peningkatan aktivitas amygdala yang berada di otak.

Dengan demikian agar kita terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke, maka kita tidak boleh stres. Bolehlah lah stres tetapi jangan berlebihan. Untuk mencegah agar kita tidak mudah stres, maka lakukan olahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena saat berolahraga maka tubuh akan berusaha meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih bahagia.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Kurus Cenderung Lebih Pelit ?

Artikel Terkait : 5 Ciri Jantung Tak Bekerja Dengan Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *