Ternyata Spa Juga Bisa Menimbulkan Penyakit

header niko 728 x 90

dampak spa

Bagi kalangan wanita modern sekarang ini spa menjadi gaya hidup untuk merawat tubuh agar terlihat tetap cantik dan sehat. Kebanyakan dari para wanita menggunakan spa untuk kesehatan, menghilangkan rasa pegal dan relaksasi tubuh. Tetapi kabar terbaru bahwa spa juga bisa menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan standar yang ditentukan.

 
Hal ini dibuktikan dengan seringnya kita mendengar orang yang setelah melakukan spa ternyata malah memiliki masalah nyeri pada tulang mereka. Padahal tujuan mereka melakukan spa adalah untuk menghilangkan rasa pegal. Bukan mengatasi masalah mereka, tetapi muncul masalah baru yang kurang bagus bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Bagaimana Sikap Orang Tua Yang Mendapati Anaknya Pacaran ?

 
Agar tidak terjadi yang demikian, maka harusnya spa memiliki sertifikat sehingga dalam memberikan pelayanan bisa profesional. Jadi saat melakukan pijat kepada para pasien, mereka mampu memijat dengan benar sesuai standar kesehatan.

Selain itu kita mendengar orang yang setelah melakukan spa ternyata malah tertular penyakit lain dari orang lain misalnya herpes dan virus pada paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena kurang pengetahuan para pelaku spa tentang penyakit nosokomial / menular yang bisa disebabkan oleh spa.

Baca Juga  Penyebab Tumpukan Lemak Pada Perut Selain Makan Berlebihan

Untuk spa yang ada di Indonesia harusnya mempunyai sertifikat lembaga kompetensi (LSK) dan lembaga sertifikasi profesi bagi para terapis spa. Untuk yang spa bertaraf international harus mengantongi uji kompetensi di diploma beauty therapy cosmetology (CIDESCO).
Selain mempunyai sertifikat seperti diatas, tempat spa juga harus memenuhi standar. Mulai dari tempat harus bersih, pencahayaan terang, pembuangan limbahnya, toilet, higienis, sanitasi terhadap alat-alat dsb.

Bagi para terapis spa, juga dituntut harus mengetahui riwayat penyakit yang pernah diderita oleh pasiennya. Jangan sampai setelah melakukan spa malah penyakit lamanya kambuh dan bisa berdampak negatif bagi kesehatan pasien.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Suka Melamun Pertanda Tak Bahagia ?

 

Artikel Terkait : Dampak Negatif AC Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *