Ternyata SkipChallenge Dapat Membuat Kerusakan Pada Otak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – SkipChallenge saat ini sedang menjadi viral di media sosial. Banyak anak remaja hingga dewasa yang belakangan ini sering melakukan tantangan skipchallenge dan diunggah di medsos. Namun ternyata skipchallenge mempunyai dampak yang buruk.

sumber gambar : Tribunnews.com

Kegiatan yang dilakukan dengan menekan bagian dada ini akan membuat lawannya sesak nafas dan otak juga bisa mengalami kekurangan oksigen. Maka akibatnya dapat menyebabkan pingsan bahkan hingga disertai kejang-kejang.

Dr.Wawan Mulyawan seorang spesialis bedah saraf mengatakan, Otak merupakan bagian organ tubuh yang sangat rentan terkena dampaknya disaat tubuh kita mengalami kekurangan oksigen.

Baca Juga  Khasiat Makan Pare Bagi Penderita Diabetes

 

Kerusakan pada otak akibat dari skipchallenge beragam mulai dari ringan hingga berat. Kerusakan pada otak yang ringan biasanya hanya mengakibatkan rasa pusing sebentar, pandangan mata kabur, atau terkadang diri terasa seperti melayang. Namun, kerusakan ringan yang terjadi pada otak dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun dari kerusakan yang ringan dapat berisiko menjadi kerusakan yang sedang. Untuk kerusakan sedang gejala yang ditimbulkan seperti, kejang-kejang sampai hilang kesadaran. Namun, pada kerusakan yang sedang risikonya adalah, jaringan yang rusak bisa pulih dengan sendiri namun bisa juga jaringan yang rusak tidak dapat pulih lagi.

Baca Juga  Manfaat Makan Makanan Yang Kaya Protein Membuat Kita Lebih Kenyang

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa saat ada kerusakan otak kategori sedang, maka kondisi ini bisa berakibat pada kerusakan bagian otak penting seperti cerebral cortex. Bagian otak ini erat kaitannya dengan fungsi sensorik, perasa, kemampuan memori dan mengingat jangka pendek.

Baca Juga : Perbedaan Antara Otak Kanan dan Kiri Pada Manusia
Jika kerusakan otak tergolong berat, maka kondisi ini akan mengakibatkan kematian banyak sel otak. Jika hal ini terjadi, maka akan meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti stroke, henti jantung, henti napas dan resiko terburuk yaitu kematian.

Baca Juga  Bahaya Fobia Melahirkan Pada Ibu Hamil

Artikel Terkait : Dampak Jika Sirkulasi Darah Kita Buruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *