Ternyata Sering Ngidam Saat Hamil Bisa Meningkatkan Resiko Obesitas

header niko 728 x 90

ibu hamil ngidam

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa sering ngidam selama hamil bisa meningkatkan resiko obesitas. Ngidam memang menjadi hal yang wajar dialami oleh seorang wanita yang hamil. Namun jika kita selalu menuruti keinginan ngidam untuk banyak konsumsi makanan tertentu, maka bisa berakibat obesitas.

Secara alami, ngidam merupakan sebuah isyarat yang diberikan oleh tubuh agar kita mengkonsumsi makanan tertentu. Jadi ngidam merupakan hal yang wajar. Yang membuat tidak wajar adalah jika kita selalu menuruti keinginan ngidam yang beresiko membuat tubuh kita menjadi obesitas.

Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa seorang ibu hamil yang selalu menuruti hasrat ngidam, maka akan meningkatkan kemungkinan untuk meningkatkan berat badan menjadi berlebih.

Baca Juga  Punya Badan Gemuk Bisakah Tetap Sehat ?

Hasil dari sebuah penelitian tentang ngidam ini telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Appetite. Menurut para ahli, meningkatnya berat badan secara berlebihan yang terjadi pada wanita yang hamil akan membuat resiko besar mengalami obesitas setelah melahirkan.

Kabar buruknya adalah kebanyakan wanita atau sekitar 40 dari 60 persen wanita yang hamil akan menuruti perasaan ngidam terhadap makanan yang diinginkan. Hasilnya adalah terbukti bahwa mereka yang cenderung menuruti keinginan ngidam akan memiliki berat badan yang berlebih setelah melahirkan.

Kalau kita mengamati wanita hamil yang ngidam, kebanyakan dari mereka menginginkan konsumsi makanan yang manis dan cepat saji. Mereka kebanyakan akan menyerah dan menuruti keinginan untuk mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Baca Juga  Kenali Tanda Kalau Kita Kekurangan Protein

Ada beberapa jenis makanan yang sering membuat ibu hamil ngidam dan mengkonsumsinya. Jenis makanan tersebut contohnya adalah cokelat dan aneka olahan cokelat, kue, es krim, piza dan pasta.

Baca Juga : Sering Makan Kentang Selama Hamil Bisa Memicu Diabetes

Resiko besar wanita hamil yang cenderung menuruti ngidam akan berdampak langsung pada peningkatan berat badan saat hamil maupun pasca melahirkan. Mengalami tubuh yang obesitas tentu menjadi indikator buruk bagi kesehatan seseorang.

Untuk itu, para ahli sangat menyarankan kepada wanita hamil yang mengalami ngidam untuk tidak selalu menuruti keinginan ngidam. Seorang ibu hamil juga sangat penting untuk melakukan menajemen terhadap berat badan agar tidak membahayakan ibu dan bayi yang dikandung.

Baca Juga  Apa Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Bagi wanita hamil memang bukan perkara yang mudah untuk mengontrol perasaan ngidam. Hal ini sangat manusiawi. Namun kita harus menyadari bahwa apa yang kita lakukan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Untuk bisa mengurangi keinginan ngidam, maka kita bisa melakukan hal-hal yang bisa menjadi pengalihan perhatian terhadap keinginan ngidam.

Artikel Terkait : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *