Ternyata Puasa Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

header niko 728 x 90

kesehatan jantung

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa ternyata puasa menyehatkan jantung dan pembuluh darah kita. Bagi seorang muslim yang menjalankan puasa Ramadhan akan mendapatkan dampak yang positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang dokter penyakit dalam yang bernama dr. Eka Ginanjar Sp.PD.

Secara kesehatan, saat seseorang yang melakukan puasa, maka bisa menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian akan membuat kesehatan sistem kardiovaskuler akan menjadi lebih baik.

Namun menurut para ahli kesehatan, mengingatkan kepada para umat Islam yang menjalankan puasa untuk memperhatikan puasa yang benar sehingga benar-benar berdampak positif bagi kesehatan. Puasa yang benar yang dimaksud adalah melakukan sahur dengan menu sehat yang seimbang tidak berlebihan, serta melakukan berbuka puasa juga dengan menu yang sehat dan tidak berlebihan.

Baca Juga  Benarkah Penyuka Minuman Teh dan Kopi Mudah Gemuk ?

Apabila kita melakukan makan sahur secara berlebihan, maka akan membuat kita cenderung banyak tidur pada siang hari dan terasa malas untuk beraktivitas. Pada saat berbuka puasa mereka juga akan memicu makan secara berlebihan sehingga terasa kekenyangan.

Saat seseorang mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan menyebabkan malas bergerak atau beraktivitas, maka bisa memicu terjadinya plak pada pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, maka akan menghambat aliran darah dalam tubuh. Jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah jantung, maka akan menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Namun jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah otak akan berakibat pada munculnya stroke.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Banyak Tidur Mengalami Gangguan Mental ?

Baca Juga : Bisakah Plak Dalam Darah dihilangkan ?

Maka tidak heran saat bulan Ramadhan berlangsung, maka jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit cenderung menurun. Namun saat Ramadhan berganti menjadi lebaran, maka kunjungan pasien dengan gangguan kesehatan mulai dari peningkatan kadar gula, jantung dan stroke akan meningkat signifikan.

Kondisi ini bisa disebabkan karena saat berpuasa seseorang lebih bisa mengontrol pola makan sehingga tidak berlebihan. Bukan hanya itu saja, saat seseorang berpuasa juga akan menurunkan kadar lemak dan kolesterol yang menjadi pemicu utama berbagai macam penyakit kardiovaskuler.

Baca Juga  Jika Badan Panas Jangan Terburu-buru Minum Obat Penurun Panas

Selain itu mungkin juga orang merasa malas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan saat bulan Ramadhan karena kondisi puasa. Mereka mungkin memilih setelah lebaran untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Artikel Terkait : Apakah Benar Penyakit Jantung Koroner disebabkan Karena Turunan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *