Ternyata Pemberian Antibiotik Pada Bayi Bisa Berdampak Buruk Dalam Jangka Waktu Yang Panjang

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kali para ibu saat anaknya sakit kemudian membawa ke dokter, mereka kerap kali meminta selalu diberikan antibiotik agar anaknya cepat sembuh. Inilah fenomena yang terjadi pada kebanyakan para ibu di Indonesia. Padahal tidak semua penyakit memerlukan terapi antibiotik. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seorang anak usia kurang dari dua tahun yang diberikan terapi antibiotik memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan.

bahaya-antibiotik-pada-anak

sumber gambar : www.vemale.com

Ternyata anak yang diberikan terapi antibiotik pada usia kurang dari dua tahun bisa beresiko menderita alergi saat dewasa kelak. Inilah hasil dari sebuah studi tersebut. Adapun jenis alergi yang sering dialami saat dewasa nanti adalah eksim kulit dan rinitis alergi yang gejalanya berupa adanya bersin-bersin dan keluar air pada hidung.

Baca Juga  Makanan Alami Untuk Mengobati Rasa Sakit

Baca Juga : Tips Mencegah Agar Anak Tidak Alergi
Studi kali ini bukan merupakan satu-satunya penelitian yang dilakukan, pada sebelumnya juga ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa ada kaitan antara pemberian antibiotik pada anak yang terlalu dini dengan munculnya alergi.

Studi ini dilakukan oleh peneliti yang bernama Fariba Ahmadizar yang berasal dari Universitas Utrecht yang melibatkan sebanyak 400.000 orang. Pemberian antibiotik pada bayi yang masih kurang dari dua tahun bisa menyebabkan gangguan sistem imun bayi yang berhubungan dengan mikroba yang berada di usus. Kondisi ini ternyata berdampak negatif bagi imunitas tubuh bayi.

Kasus banyaknya alergi yang terjadi pada orang dewasa yang banyak terjadi pada negara berkembang lebih disebabkan karena adanya sebuah paparan kuman yang terjadi pada saat usia anak-anak. Ini adalah salah satu ungkapan para ilmuwan.

Baca Juga  Tips Mencegah Kanker Dengan Penerapan Gaya Hidup Sehat

Menurut para peneliti mengatakan bahwa resiko terjadinya alergi saat usia dewasa akan lebih tinggi resikonya jika pemberian antibiotik pada bayi kurang dari dua tahun diberikan lebih dari satu kali.

Menyikapi hal yang demikian membuat suatu dilema bagi seorang dokter. Terkadang seorang bayi memang benar-benar membutuhkan suatu terapi antibiotik untuk bisa melawan suatu infeksi bakteri yang masuk dalam tubuh bayi. Namun satu sisi yang lain pemberian antibiotik terlalu dini pada seorang bayi bisa menyebabkan munculnya alergi saat dewasa kelak.

Baca Juga  Jika Mengalami Gangguan Pada Gusi Seperti Ini Sangat Disarankan Untuk Periksa ke Dokter

 

Yang menjadi perhatian adalah para ibu yang memiliki anak yang masih kecil, diharapkan tidak mempunyai pemahaman yang salah tentang pemberian antibiotik. Yang harus digaris bawahi adalah tidak semua jenis penyakit membutuhkan terapi antibiotik. Pemberian antibiotik hanya diberikan jika infeksi yang terjadi pada anak disebabkan karena bakteri dan bukan virus.

Artikel Terkait : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *