Ternyata Oparasi Penurunan Berat Badan Juga Beresiko Kebutaan

header niko 728 x 90

operasi penurunan berat badan

InspirasiBersama.com – Saat ini operasi penurunan berat badan menjadi trend baru dalam melangsingkan tubuh. Namun ternyata operasi penurunan berat badan juga beresiko kebutaan. Hal ini berasal dari sebuah laporan yang dipublikasikan oleh jurnal JAMA Ophthalmology yang menceritakan seorang wanita yang berusia 40 tahun yang mengalami gangguan mata setelah melakukan operasi penurunan berat badan.

Setelah mengalami gangguan pada mata yang tak kunjung sembuh, maka wanita tersebut datang ke sebuah klinik ophthalmology di Texas. Dalam analisa seorang mahasiswa kedokteran di Texas College of Osteopathic yang bernama Kyle Kirland mengatakan gejala yang dirasakan wanita tersebut seperti halnya gejala kekurangan vitamin A yang tergolong parah.

Kita tahu bahwa peranan vitamin A bagi kesehatan mata sangat besar. Misalnya saja mata kita akan mengalami kekeringan, kebutaan pada malam hari dan adanya lesi pada mata yang semuanya disebabkan karena kekurangan vitamin A.

Baca Juga  Waspada ! Kursi Bayi di Restoran Bisa Menjadi Sarang Bakteri

Namun menurut Kirland kondisi seseorang yang mengalami defisiensi vitamin A yang tergolong parah jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan banyak sekali sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A yang mudah untuk didapatkan.

Namun yang membuat kita prihatin adalah setelah dilakukan analisa lebih lanjut, ternyata apa yang dialami oleh wanita tersebut disebabkan karena efek operasi penurunan berat badan yang telah dilakukan.

Dalam dunia medis operasi penurunan berat badan dikenal dengan sebutan ‘switch duodenum’ yang artinya memotong bagian ujung dari usus duodenum atau usus kecil yang kemudian dihubungkan dengan bagian belakang usus kecil.

Mengapa dalam proses operasi penurunan berat badan justru memotong bagian usus kecil ? Hal ini dikarenakan dalam usus kecil banyak makanan yang akan diserap oleh tubuh. Dengan memotong bagian usus kecil, maka jumlah kalori dan banyak nutrisi lain yang diserap tubuh akan lebih sedikit.

Baca Juga  Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak

Operasi penurunan berat badan ini memang sudah terbukti menurunkan berat badan. Namun bukan berarti operasi ini tidak luput dari efek samping. Salah satunya adalah penyerapan akan berbagai vitamin akan menurun secara signifikan termasuk vitamin A.

Namun sebelum melakukan sebuah operasi penurunan berat badan, seorang pasien akan dijelaskan oleh dokter tentang berbagai efek samping yang mungkin terjadi yang salah satunya adalah adanya kekurangan vitamin. Untuk itu para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin agar tidak terjadi defisiensi vitamin.

Baca Juga  Menjelang Menstruasi Wanita Akan Lebih Mudah Capek dan Sensi, Kenapa Begitu?

Tetapi apabila seorang pasien mengalami kekurangan vitamin A yang tergolong berat maka konsumsi suplemen vitamin saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A.

Untuk mengatasi seorang wanita 40 tahun yang mengalami defisiensi vitamin A yang berat tersebut, para ahli akhirnya memberikan suntikan vitamin A yang diberikan secara intravena (IV). Dan bersyukur akhirnya wanita tersebut merasakan penglihatannya mulai membaik lagi.

Artikel Terkait : Pengen Tahu  Alasan Mengapa Wanita Susah Kurus ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *