Ternyata Obesitas Lebih Berbahaya dibandingkan Hipertensi dan Kolesterol

header niko 728 x 90

bahaya obesitas

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa obesitas lebih berbahaya dibandingkan dengan hipertensi dan kolesterol. Obesitas memang menjadi indikator yang buruk bagi kesehatan seseorang karena bisa memperpendek usia. Untuk itu sangat penting menjaga berat badan kita tetap ideal.

Dalam sebuah studi yang lain juga menyebutkan bahwa orang yang tergolong obesitas akan memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak obesitas. Dalam hal ini peneliti melakukan sebuah pengukuran terhadap 800 orang yang memiliki usia lebih dari 50 tahun. Penelitian ini dilakukan sejak tahun 1967 sampai 2012.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Bayi Yang Hidungnya Tersumbat

Pera peneliti melakukan pengukuran terhadap kapasitas aerobik untuk mengukur tingkat kebugaran fisik para peserta penelitian. Kita tahu bahwa semakin sering kita bergerak aktif, maka kapasitas aerobik akan semakin baik pula.

Hasilnya adalah mereka yang memiliki kapasitas aerobik rendah ternyata memiliki resiko yang paling tinggi mengalami kematian pada usia muda. Hal ini berbeda dengan mereka yang mempunyai kapasitas aerobik sedang maupun yang tinggi yang memiliki harapan hidup lebih lama.

Hasil studi ini menunjukkan kepada kita bahwa kebugaran fisik sangat penting karena berhubungan dengan panjang atau tidaknya usia kita.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Kulit Dari Bahaya Klorin

Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas atau kegemukan akan secara otomatis berkurang aktivitas fisiknya yang membuatnya lebih tinggi resikonya mengalami kematian dini. Hal ini lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki penyakit hipertensi dan kadar kolesterol yang tinggi.

Olah karena itu para ahli sangat menyarankan kepada kita untuk meningkatkan kapasitas aerobik. Kita bisa lakukan dengan lebih banyak melakukan aktivitas fisik yang bisa membuat kebugaran fisik kita meningkat. Berapapun usia kita harus berusaha meningkatkan kapasitas aerobik ini.

Baca Juga  Bisakah Anak Bertahan Terhadap Infeksi Tanpa Melakukan Vaksinasi ?

Selain meningkatkan kebugaran aerobik, para ahli juga sangat menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang banyak dilakukan olah banyak orang. Ada banyak kerugian jika kita mempunyai kebiasaan merokok.

Artikel Terkait : Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *