Ternyata Menstruasi Bermanfaat Bagi Kesehatan Ginjal

header niko 728 x 90

wanita menstruasi

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa ternyata menstruasi bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Banyak para wanita yang tidak mengetahui akan manfaat ini. Dibalik rasanya yang tidak nyaman bahkan bagi sebagian wanita menimbulkan rasa sakit, ternyata terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan ginjal.

Ternyata Tuhan menciptakan seorang wanita dengan kadar hormon estrogen yang lebih banyak dibandingkan dengan pria mempunyai kelebihan yaitu mampu menjaga fungsi ginjal. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dipercobakan kepada tikus betina yang ternyata lebih rendah terkena gangguan ginjal dibandingkan dengan tikus jantan.

Baca Juga  Manfaat Sering Makan Sayur Membuat Kita Panjang Umur

Seorang laki-laki juga mempunyai hormon estrogen, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. Selain itu pada tubuh wanita fungsi hormon restrogen ini salah satunya adalah melindungi ginjal. Namun pada wanita yang mengalami pengangkatan rahim, maka resiko sakit ginjal akan sama dengan pria.

Apa yang terjadi saat seorang wanita menstruasi ? Saat seorang wanita menstruasi, maka akan hormon estrogen akan mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya hormon estrogen saat haid, maka akan membuat fungsi ginjal akan lebih baik. Oleh karena itu wanita lebih jarang terkena gangguan fungsi ginjal dibandingkan dengan pria.

Baca Juga  Benarkah Dengan Mengurangi Makan Nasi Menjadi Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan ?

Hal ini bukan berarti kunci utama seseorang terbebas dari penyakit ginjal bukan disebabkan karena hormon estrogen, namun penyebab gangguan pada ginjal disebabkan oleh faktor yang lebih kompleks. Disamping karena pola hidup yang tidak sehat, menderita penyakit diabetes juga kerap menimbulkan komplikasi yang serius pada ginjal.

 

Jadi bersyukurlah anda sebagai seorang wanita yang dianugerahi sebuah peristiwa yang sejatinya membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu salah satunya menyehatkan fungsi ginjal. Jadi meskipun kerap menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit saat menstruasi, maka berusahalah untuk menikmatinya karena dibalik itu semua tersimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Baca Juga  Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik

Artikel Terkait : Tanda Kalau Ginjal Kita Mulai Bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *