Ternyata Menggunakan IUD Bisa Mencegah Wanita Mengalami Kanker Serviks

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak kalangan yang masih beranggapan bahwa KB (Keluarga Berencana) adalah hal yang kurang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah KB IUD. Ternyata hal tersebut salah besar, selain bisa berfungsi sebagai alat kontrasepsi atau mencegah kehamilan, menggunakan IUD juga bermanfaat mencegah seorang wanita mengalami kanker serviks.

sumber gambar : http://www.babylonish.com

Sudah tahu belum bagaimana cara pemasangan IUD ?. Untuk cara pemasangan IUD dilakukan oleh dokter atau ahli yang akan dimasukkan ke dalam rahim seorang wanita. Siapa sangka ternyata menurut sebuah hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal yang bernama Obstetrics & Gynecology menyebutkan bahwa IUD bisa mencegah seorang wanita mengalami kanker serviks.

Baca Juga  Efek Buruk Lain Minum Alkohol Memicu Konsumsi Junk Food

Dalam hasil penelitian yang melibatkan 12.000 wanita tersebut menyebutkan bahwa wanita dengan memakai kontrasepsi IUD bisa menurunkan resiko kanker serviks sampai sepertiga deibandingkan dengan wanita yang tidak memakai KB IUD.

Kita tahu bahwa kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya dan sangat ditakuti oleh kalangan wanita. Penyebab dari kanker ini adalah virus yang bernama human papiloma. Sampai saat ini para pakar kesehatan belum mengetahui secara pasti mengapa mereka yang memaki IUD bisa menurunkan resiko kanker serviks.

Baca Juga  Dampak Buruk Jika Suka Tak Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Bagi anda seorang wanita yang sudah menikah dan berencana melakukan program KB, maka memakai IUD adalah salah satu pilihan yang tepat. Meskipun demikian sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memakai IUD. Hal ini disebabkan tak semua wanita cocok dengan model kontrasepsi IUD.

Artikel Terkait : Mitos Yang Salah Tentang Metode Kontrasepsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *