Ternyata Mengalami Stres Ringan Bagus Untuk Kesehatan Otak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini kita beranggapan kalau stres akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang. Tentu stres yang dimaksud adalah stres berat. Namun jika stres tergolong ringan, maka memberikan efek yang bagus bagi kesehatan otak. Contoh stres kecil adalah saat hendak presentasi atau deadline pekerjaan.

 

Untuk membuktikan kebenaran stres kecil bermanfaat bagi kesehatan otak, maka para peneliti yang berasal dari UC Berkeley melakukan sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut para peneliti menggunakan media tikus.

stres-positif

sumber gambar : okezone.com

Tikus tersebut mendapatkan sebuah rangsangan stres, pembelajaran dan memori. Para peneliti akan melakukan penelitian untuk mengetahui pertumbuhan sel induk pada otak.

Baca Juga  Deretan Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Nyeri Haid

 

Hasilnya adalah tikus yang mendapatkan rangsangan stres dalam periode yang singkat, ternyata terjadi sebuah pertumbuhan sel induk. Setelah seminggu berlangsung para peneliti menemukan adanya peningkatan fungsi memori dan pembelajaran pada otak.

 

Hal sebaliknya terjadi pada tikus yang mengalami stres dalam jangka waktu yang lebih lama. Setelah diteliti tikus tersebut tidak mengalami sebuah pertumbuhan sel induk yang berdampak pada jumlah sel otak yang lebih sedikit.

 

Dari hasil penelitian ini para peneliti menyimpulkan bahwa stres dalam dosis yang kecil atau ringan akan berdampak pada pertumbuhan sel induk yang membuat lebih banyak sel baru tumbuh di otak. Kondisi ini akan berpengaruh pada kemampuan memori dam belajar otak yang meningkat.

Baca Juga  Jus Buah Yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

 

Para peneliti menganggap bahwa tikus mempunyai kemiripan dengan manusia. Semakin besar dan lama stres melanda seseorang, maka akan berdampak besar terhadap kesehatan. Ada beberapa gangguan kesehatan yang muncul jika stres berlangsung lebih lama seperti muncul sakit kepala, nafsu makan berlebihan, asam lambung meningkat yang memicu mual, dan menyebabkan depresi.

Baca Juga : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Bisa Redakan Depresi

 

Dalam hal ini sangat penting sebuah tata kelola stres yang baik. Setiap orang memang mempunyai cara tersendiri dalam mengelola stres. Namun diharapkan kita bisa mengelola stres secara baik dan tidak berlangsung lama sehingga tidak berdampak lebih luas terhadap kesehatan.

Baca Juga  Konsumsi Kafein Secara Berlebihan, Bisa Merusak Kesehatan

Artikel Terkait : Tanda-tanda Kalau Kita Mengalami Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *