Ternyata Mendengarkan Musik Sangat Bagus Bagi Penderita Jantung Koroner

header niko 728 x 90

manfaat mendengarkan musik

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa mendengarkan musik ternyata sangat bagus bagi penderita jantung koroner. Memang benar, saat kita mendengarkan musik akan membuat kita larut dengan irama musik. Selain itu dengan mendengarkan musik juga bisa membuat kita lebih rileks dan bahagia.

Ternyata manfaat musik juga sampai pada jantung kita. Orang yang suka mendengarkan musik maka akan berdampak positif pada kesehatan jantungnya.

 
Hasil tersebut didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Kardiologi Universitas Nis yang berada di Serbia dengan melakukan sebuah studi yang melibatkan 74 orang yang positif menderita penyakit jantung. Studi tersebut dilakukan pada tahun 2013.

Baca Juga  Disarankan Mencuci Apel Sebelum dimakan

 
Berdasarkan hasil studi tersebut didapatkan fakta bahwa saat mereka sering mendengarkan musik kesukaan, maka secara alami akan meningkatkan prosuksi hormon endorfin yang berdampak pada meningkatnya kesehatan vaskuler atau pembuluh darah. Selain itu hormon endorfin juga membuat suasana hati menjadi lebih senang.

 

Para ilmuwan juga menyarankan bagi mereka yang mempunyai penyakit jantung koroner untuk lebih sering mendengarkan musik yang disukai dan melakukan olahraga secara teratur. Jika kedua hal tersebut bisa secara rutin dilakukan, maka akan membuat fungsi endotel meningkat yang bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit jantung koroner.

Baca Juga  Apa Manfaat Menggunakan Bra Khusus Saat Berolahraga ?

Apakah ada jenis musik tertentu yang bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit jantung koroner ? Menurut para peneliti tidak ada jenis musik tertentu yang terbukti bisa mempercepat proses penyembuhan jantung koroner. Yang terpenting adalah jenis musik tersebut menjadi kesukaan kita yang bisa membuat kita lebih rileks dan bahagia.

Namun dalam studi yang lama menyebutkan bahwa tidak semua jenis musik bisa bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa jenis musik yang justru malah meningkatkan level stres yang dialami oleh seseorang. Untuk jenis musik yang bagus adalah musik jenis klasik, opera atau musik yang bernuansa ceria yang mampu menstimulus peningkatan hormon endorfin.

Baca Juga  Bahayakah Anak Yang Sering Memakai Kacamata Minus Orang Tua ?

Selain itu penting pula untuk memperhatikan volume musik yang kita dengar. Sangat disarankan untuk mendengarkan musik dengan suara yang terlalu keras yang bisa merusak pendengaran kita. Atur suara musik yang kita dengarkan dengan volume yang sedang.

Artikel Terkait : Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *