Ternyata Melakukan Istirahat Otak Berdampak Positif Pula Bagi Kesehatan Mental

header niko 728 x 90

istirahat bagi otak

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dengan melakukan istirahat otak, maka berdampak positif bagi kesehatan mental kita. Kalau kita mempelajari otak, maka bisa dibilang otak kita selalu bekerja meskipun kita sedang rileks tidak memikirkan sesuatu. Secara tidak sadar terkadang kita masih memikirkan tentang deadline, hal-hal yang akan kita lakukan besok dan banyak hal yang lain.

 

Karena otak kita selalu bekerja, maka sangat penting sekali untuk melakukan istirahat untuk memberikan jeda waktu bagi otak untuk istirahat. Ternyata kegiatan seperti ini sangat menyehatkan mental kita juga.

 
Terkadang sebagai orang yang yang produktif, kita mempunyai anggapan bahwa disaat kita rileks, melakukan istirahat bahkan berkhayal sebagai suatu perbuatan yang tidak berguna. Namun ternyata memberikan jeda waktu istirahat atau bahkan melakukan sebuah kegiatan sosial bisa berdampak positif bagi kesehatan otak kita.

Baca Juga  Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalani Puasa Ramadhan

Baca Juga : Manfaat Sering Berdoa Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Mental

 
Kita tahu bahwa otak manusia mempunyai peranan yang sangat vital dalam menggerakkan berbagai organ vital tubuh. Tanpa memiliki otak yang sehat, maka bisa dipastikan tubuh kita tidak mampu melakukan kordinasi yang baik dalam menjaga kesehatan tetap optimal.

Sosialisasi

Kita semua tahu bahwa sifat dasar manusia adalah sebagai makhluk sosial. Ini artinya kita tidak bisa hidup sendirian, kita memerlukan interaksi dan sosialisasi dengan orang lain. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan kepada tikus dengan memisahkan dari kelompoknya, ternyata tikus tersebut mempunyai antibodi yang lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Namun saat seekor tikus tersebut dikembalikan bersama-sama dengan temannya, maka setelah dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya akan membaik. Hal yang sama terjadi pada manusia.

 
Oleh karena itu bagi kita yang mempunyai sifat suka menyendiri, maka bisa dipastikan akan memiliki derajat kesehatan yang kurang baik dibandingkan dengan mereka yang banyak bersosialisasi dengan banyak orang.

Baca Juga  Ada 4 Hal Yang Tidak disarankan Dilakukan Sebelum Tidur Karena Mengurangi Rasa Nyenyak

 
Saat seorang manusia banyak melakukan kegiatan sosial, maka secara tidak langsung akan membuat banyak kegiatan otak seperti memori, kontrol bahasa, perhatian yang semaunya melibatkan peran kognitif otak.

 
Untuk itu jika kita ingin memiliki kesehatan jiwa dan raga yang baik, maka sangat penting sekali untuk banyak melakukan kegiatan sosial dengan orang lain serta tidak melupakan istirahat.

Hening
Pada dasarnya, manusia juga membutuhkan suasana yang hening secara cukup. Misalnya duduk sendiri dengan rileks sambil minum kopi dengan meresapi alam disekitar kita tanpa memikirkan banyak hal yang membuat kita stres.

 
Contoh lainnya adalah bagi seorang pelajar yang waktunya selalu diforsir untuk kegiatan belajar tanpa memberikan jeda waktu istirahat yang cukup, maka akan membuat otak kita kelelahan dan membuat apa yang kita pelajari malah hilang dalam memori kita. Berbeda saat kita memberikan jeda waktu istirahat yang cukup disela-sela belajar, maka otak kita akan lebih rileks sehingga akan mudah mengingat hal-hal yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Baca Juga  Menstruasi Bisa Menjadi Indikator Panjang Usia Seorang Wanita

Ternyata melakukan istirahat otak sangat bagus bagi kesehatan fisik dan mental kita. Kita bisa melakukan istirahat otak dimanapun kita mau yang penting bisa memberikan rasa rileks dan nyaman bagi otak kita.
Artikel Terkait : Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *