Ternyata Makan Saat Perut Kenyang Berbahaya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat melihat sebuah makanan yang enak, pastinya kita ingin sekali untuk menyantapnya meskipun perut kita tidak lapar. Padahal secara alami tubuh memberikan isyarat kalau tubuh membutuhkan energi dengan munculnya rasa lapar. Ternyata kebiasaan suka makan saat perut kenyang berbahaya bagi kesehatan.

sumber gambar : Tempo.co

Secara umum banyak orang yang menganggap kalau suka makan dalam kondisi perut yang kenyang akan menyebabkan kegemukan. Hal ini disebabkan ada banyak tumpukan kalori dalam tubuh yang bisa menjadi tumpukan lemak.

Ternyata resiko obesitas bukan hanya satu-satunya bahaya jika kita suka makan dalam kondisi perut yang belum lapar. Bahaya lain saat kita makan dalam kondisi perut yang belum lapar adalah meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga  Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Secara alamiah, saat kita mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan karbohidrat, protein dan lemak maka akan terjadi sebuah lonjakan kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi secara normal. Namun tubuh melakukan kompensasi dengan mengeluarkan sebuah hormon untuk bisa menstabilkan kadar gula yang sedang tinggi.

Baca Juga : Sering Merasa Lapar Bisa Menjadi Tanda Gejala Diabetes

Hormon yang sangat berperan dalam mengontrol kadar gula darah yang tinggi adalah insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Hal yang normal jika kadar insulin akan meningkat setelah kita melakukan makan.

Stabilnya kadar gula dalam darah ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh secara umum. Tingginya kadar gula dalam darah seseorang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius dan terbilang tidak bisa disembuhkan.

Baca Juga  Apakah Boleh Penderita Maag Minum Kopi ?

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari University of Illinois Chikago menyatakan bahwa orang yang suka makan saat perut tidak lapar akan menyebabkan lonjakan yang tinggi pada kadar gula. Kondisi ini akan tetap terjadi meskipun kalori yang terkandung dalam makanan tersebut jumlahnya tidak banyak.

Kondisi yang berbeda saat kita makan dalam kondisi yang lapar, maka tubuh akan melakukan proses pencernaan makanan dengan lebih baik dan tidak terjadi lonjakan kadar gula yang signifikan.

Baca Juga  Banyak Manfaat Yang didapat Dari Konsumsi Es Krim

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan ngemil dan sulit untuk menghindarinya, maka untuk mencegah lonjakan glukosa yang terlalu tinggi maka anda bisa memilih jenis makanan ringan dengan kadar glikemiks yang lebih rendah. Beberapa contoh makanan adalah kacang-kacangan, buah dengan tingkat manis yang sedang dan yogurt.

Artikel Terkait : Inilah Tanda Kalau Kadar Gula Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *