Ternyata Kekurangan Asupan Vitamin Juga Bisa Menyebabkan Kegemukan

header niko 728 x 90

kekurangan vitamin

InspirasiBersama.com – Anggapan banyak orang bahwa penyebab dari kegemukan atau obesitas adalah karena konsumsi makanan yang berlebih terutama karbohidrat. hal ini adalah benar. Selain itu konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan gula juga memicu kegemukan. Bukan hanya itu saja, para pakar menyebutkan ternyata kekurangan asupan vitamin juga bisa menyebabkan kegemukan. Mungkin anda baru mendengar kalau kekurangan asupan vitamin bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Bagaimana semua ini bisa terjadi ?

Untuk membuktikan bahwa kurang asupan vitamin bisa menyebabkan peningkatan berat badan, para peneliti melakukan sebuah penelitian dengan melibatkan partisipan sebanyak 18.000. penelitian ini dilakukan selama 7 bulan dengan memberikan survei nutrisi kepada pada partisipan untuk mereka isi. Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal American College of Nutrition.

Baca Juga  Ruangan Ber AC Juga Bisa Memicu Munculnya Jerawat

Dari hasil penelitian yang dilakukan secara 7 bulan tersebut didapatkan fakta bahwa mereka yang mengalami peningkatan berat badan ternyata hanya mengkonsumsi vitamin hanya sekitar 5-12 persen saja dari kebutuhan tubuh. Namun bagi mereka yang memiliki berat badan yang ideal ternyata mengkonsumsi vitamin yang jauh lebih tinggi atau >12 persen.

Tahukah kita kalau dilakukan analisa vitamin yang terkandung pada mereka yang mengalami obesitas, maka kebanyakan dari mereka kekurangan 20 persen vitamin yang terdiri dari vitamin A, D,E dan juga kalsium dan magnesium. Yang membuat mereka kekurangan vitamin adalah kecenderungan orang yang obesitas untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kurang sehat bahkan buruk bagi kesehatan.

Coba kita amati pola makan mereka yang mempunyai berat badan berlebih. Mereka akan cenderung banyak makan yang mengandung gula, lemak jahat dan berkalori. Jenis makanan yang seperti inilah yang membuat berat badan mereka menjadi obesitas.

Baca Juga  Rajin Berolahraga Membuat Wanita Lebih Terhindar Dari Penyakit Jantung

Asupan vitamin bagi tubuh kita sangatlah penting. Kebanyakan kita menganggap vitamin A hanya bermanfaat bagi kesehatan mata saja. Padahal dibalik itu, vitamin A sangat besar peranannya untuk melakukan regulasi terhadap sel-sel lemak yang terdapat pada tubuh kita.  Selain itu vitamin A juga berperan aktif untuk meningkatkan produksi hormon yang berfungsi untuk mengendalikan berat badan dalam tubuh manusia. Vitamin D juga memiliki peranan yang tidak kalah besarnya. Vitamin ini sangat besar peranannya dalam produksi hormon leptin yang berfungsi sebagai pengendali rasa lapar dan lemak dalam tubuh.

Baca Juga  Bahayakah Jika Permen Karet Tertelan ?

Bisa kita bayangkan bagaimana jika kita kekurangan asupan berbagai macam vitamin seperti A dan D. Saat tubuh kita kekurangan vitamin tersebut maka berbagai hormon yang mengatur rasa lapar, pengendali lemak dan berat badan tidak dapat berfungsi dengan optimal. Jika yang ini terjadi maka kita akan beresiko tinggi mengalami peningkatan berat badan atau obesitas.

Artikel Terkait : Beberapa Jus Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *