Ternyata Kaki Bisa Menjadi Indikasi Adanya Masalah Kesehatan

header niko 728 x 90

kaki manusia

InspirasiBersama.com – Kaki merupakan organ tubuh yang sangat penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Makanya itu sebagian besar orang mengesampingkan kaki untuk dijadikan patokan kesehatan seseorang. Padahal tahukah kita bahwa kaki bisa memberikan gambaran kepada kita tentang masalah kesehatan yang di derita oleh seseorang.

Dalam susunan kaki manusia terdapat banyak sendi, otot, serta saraf  dan pembuluh darah yang mempunyai hubungan erat dengan banyak organ penting. Organ penting tersebut meliputi otak, jantung dan tulang belakang. Untuk itu kaki bisa menjadi tanda adanya masalah terhadap organ tubuh kita.

Berikut beberapa masalah pada kaki yang bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan :

1.Kaki yang sangat kering
Pernah melihat seseorang yang memiliki kaki yang kering ?. Kaki kering sering di alami seseorang saat musim dingin datang. Bagi mereka yang memiliki kaki yang kering bisa menjadi tanda kalau adanya gangguan pada sirkulasi darah. Yang sering terjadi adalah sumbatan pada arteri perifer tubuh.
2. Sering kram 
Bagi anda yang sering mengalami kaki kram, maka jangan dianggap masalah sepele. Kaki yang sering kram menjadi indikator kalau tubuh kita mengalami kekurangan magnesium. Selain magnesium yang kurang, kaki yang sering kram juga disebabkan karena tubuh kekurangan asupan kalsium dan kalium. Kekurangan magnesium, kalsium dan kalium bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kita.
3. Kaki yang dingin
Saat terjadi gangguan pada kelenjar tiroid, maka biasanya kaki kita akan terasa dingin. Untuk itu jangan anggap enteng saat kaki anda sering terasa dingin. Kita tahu bahwa hormon tiroid mempunyai peranan yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Jika urusan metabolisme tubuh terganggu, maka kita bisa beresiko mengalami kenaikan berat badan sampai pada diabetes.

Baca Juga  Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

4. Luka yang tidak bisa sembuh 
Bagi anda yang pernah mengalami luka pada kaki dan tidak kunjung sembuh, maka bisa menjadi tanda kalau anda mengalami penyakit diabetes. Penyakit yang satu ini kerap menyebabkan komplikasi pada jantung, mata, ginjal dan paru-paru. Pada kasus penderita diabetes yang mengalami luka, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Bahkan banyak di antara mereka yang mengeluh luka semakin memburuk.
5. Kuku kaki yang berwarna kuning 
Pernah melihat kuku kaki yang berwarna kuning ?. Kuku yang kuning memang biasanya disebabkan oleh adanya jamur, namun kuku kuning juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada pernapasan.
6. Garis merah di bawah kuku kaki 
Garis merah yang muncul pada kuku kaki menjadi tanda adanya masalah pada jantung. Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Pada kasus garis merah yang muncul di bawah kuku kaki mengindikasikan adanya infeksi pada jantung.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Mudah

Sumber : Kompas
Artikel Terkait : Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *