Ternyata Duduk Dalam Waktu Yang Lama Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Baik

header niko 728 x 90

bahaya duduk lama

InspirasiBersama.com – Kebiasaan duduk lama yang sering dilakukan oleh pekerja kantoran ternyata mempunyai efek yang kurang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Sering kita menjumpai masyarakat perkotaan maupun para pekerja kantoran yang menghabiskan berjam-jam bahkan sampai 6-8 jam hanya untuk duduk manis depan komputer.

Banyaknya orang yang mempunyai kebiasaan duduk lama tidak lepas dari gaya hidup serta kemudahan berbelanja. Saat ini dengan kecanggihan teknologi kalau mau berbelanja cukup hanya duduk manis di rumah nanti barang bisa datang sendiri. Hal inilah yang membuat orang sekarang ini banyak yang duduk dalam waktu yang lama.

Baca Juga  Dampak Buruk Sering Bermain Kucing Liar Bagi Kesehatan

Kalau dilihat dari sudut pandang kesehatan, duduk lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Ada banyak penyakit yang menanti apabila kita mempunyai kebiasaan duduk yang lama, diantaranya diabetes, jantung dan stroke. Kita semua tahu bahwa diabetes, jantung dan stroke merupakan jenis penyakit berbahaya yang bisa mengancam jiwa kita.

Menurut soerang dokter spesialis kedokteran olahraga yang bernama Andi Kurniawan mengatakan bahwa semakin lama kita melakukan duduk, maka semakin tinggi pula resiko terkena penyakit. Untuk itu beliau mengajak semua orang untuk sering aktif bergerak untuk menghindari resiko penyakit yang berbahaya. Bahkan dokter Andi mengatakan saat seseorang duduk selama dua jam saja, maka kadar kolesterol baik (HDL) akan menurun sampai 20%. Tentu hal ini sangat tidak bagus bagi kesehatan.

Baca Juga  Apa Bahayanya Jika Kita Konsumsi Antibiotik

Saat ini kebanyakan orang di seluruh dunia memang mempunyai gaya hidup yang kurang aktif. Gaya hidup inilah yang bisa menurunkan harapan hidup seseorang. Hal ini sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mereka yang kurang aktif bergerak akan bisa menurunkan usia harapan hidup.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membiasakan tubuh kita untuk banyak gerak. Kalau anda sebagai orang kantoran bisa memulai dengan berangkat menggunakan sepeda, lebih memilih naik tangga dibandingkan dengan naik litf, sampai pada mencoba membeli sendiri makanan saat istirahat dan tidak membiasakan menyuruh orang lain.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Baju Kotor ?

Selain beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan saat bekerja, anda juga harus meluangkan waktu untuk olahraga dua sampai tiga kali dalam seminggu. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Disamping menurunkan resiko banyak penyakit, olahraga juga sangat bagus menghindarkan kita dari stres akibat beban pekerjaan yang tinggi.

Artikel Terkait : Manfaat Melakukan Lari Cepat Selama 5 Menit Mampu Menurunkan Resiko Kematian Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *