Ternyata Berat Badan Bayi Juga Bisa Dipengaruhi Oleh Besar Kecilnya Botol Susu

header niko 728 x 90

bayi minum susu botol

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa ternyata berat badan bayi juga bisa dipengaruhi oleh besar kecilnya botol susu. Kondisi ini berlaku bagi seorang bayi yang sering minum susu formula sejak lahir. Meningkatnya berat badan bayi yang menggunakan ukuran botol susu yang besar biasanya terjadi pada usia enam bulan, namun bagi bayi yang menggunakan botol kecil peningkatan berat badan akan terjadi lebih dari enam bulan.

Untuk membuktikan hubungan antara besar kecilnya botol susu dengan berat badan bayi, maka para peneliti telah melakukan sebuah studi dengan melibatkan sebanyak 386 bayi yang diberikan susu formula. Para peneliti akan mengamati kenaikan berat badan bayi sejak usia dua bulan.

Memang kalau kita membeli botol bayi akan tersedia banyak ukuran, mulai dari 30 ml sampai pada 300 ml. Biasanya para orang tua akan membeli botol susu menyesuaikan dengan usia bayi. Namun berdasarkan sebuah data, kebanyakan dari orang tua lebih memilih ukuran botol 200 ml kepada bayi mereka.

Baca Juga  Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras Bisa Memicu Penyakit Jantung

Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa mereka yang menggunakan botol bayi ukuran 200 ml akan memiliki kenaikan berat badan sekitar 0,5 sampai 1 kg pada usia bayi mencapai enam bulan. Hal ini berbeda dengan para bayi yang hanya menggunakan ukuran botol susu yang lebih kecil.

Baca Juga : Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Gumoh

Memang menurut para peneliti setiap bayi akan memiliki kenaikan berat badan yang berbeda-beda. Tetapi menurut para peneliti seorang bayi yang berusia dua bulan biasanya akan menghabiskan susu botol sebanyak 100 ml dalam setiap kali minum.

Baca Juga  Manfaat Sering Naik Turun Tangga Mampu Mencegah Pikun

Secara logika, saat seorang ibu memberikan botol susu ukuran yang lebih besar, maka mendorong seorang bayi untuk dapat minum susu lebih banyak lagi sehingga membuat berat badan lebih cepat meningkat.

Meskipun demikian, minum ASI bagi seorang bayi adalah jauh lebih bagus dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula walaupun dalam jumlah yang banyak. Mereka yang biasanya minum susu formula akan lebih sulit untuk merasakan kenyang dibandingkan dengan bayi yang minum ASI. Hal ini sesuai dengan hasil studi lain yang dilakukan oleh Karen Bonuck yang merupakan seorang peneliti pediatri yang berasal dari New York AS.

Baca Juga  3 Jenis Penyakit Yang Sering Menular Saat Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

Disamping itu seorang bayi yang minum susu ASI langsung dari ibunya akan memberikan kedekatan yang alami antara bayi dan ibu. Hal yang berbeda jika seorang bayi hanya mendapatkan susu formula. Kesimpulannya adalah sebagus apapun merek susu formula tidak mampu menandingi manfaat ASI eksklusif yang langsung diberikan oleh seorang ibu.

Artikel Terkait : Faktor Yang Sangat Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *