Ternyata Banyak Orang Yang Tak Sadar Kalau Terkena Hipertensi

header niko 728 x 90

hipertensi

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan jenis penyakit yang berbahaya apabila kita membiarkannya begitu saja. Meskipun demikian, ada banyak orang yang tak sadar kalau dirinya menderita hipertensi. Padahal hipertensi ini termasuk penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia, sekitar 25,8 persen.

Bahkan menurut sebuah data Perhimpunan hipertensi Indonesia mengatakan bahwa ada sekitar 60 persen masyarakat kita tidak sadar kalau menderita hipertensi. Dari sekian banyak penderita hipertensi, 80 persennya tidak melakukan kontrol terhadap tekanan darah.

Banyaknya orang yang tak sadar terkena hipertensi bukan tanpa sebab, pasalnya hipertensi tergolong penyakit yang tidak memunculkan gejala yang membuat penderitanya sadar. Karena sifatnya yang demikian, maka hipertensi dikenal dengan penyakit pembunuh secara diam-diam. Kebanyakan dari para penderita baru sadar saat hipertensi sudah menyebabkan komplikasi pada penyakit lain.

Baca Juga  Tips Cara Menekan Nafsu Makan

Bahkan menurut seorang Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia yang bernama dr. Tunggul D Situmorang , SpPD-KGH mengatakan bahwa hipertensi sebagai penyakit yang nyaris tidak ada gejalanya.

Bagaimana cara mencegah agar kita terhindar dari hipertensi ? Untuk menghindari hipertensi kita harus mempunyai pola hidup yang sehat serta yang tidak kalah penting adalah rutin melakukan cek tekanan darah. Bagi anda yang mempunyai riwayat orang tua yang mempunyai penyakit hipertensi, maka anda harus ekstra hati-hati dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta rutin cek tekanan darah.

Baca Juga : Kapan Waktu Terbaik Melakukan Cek Tekanan Darah

Mengapa bagi yang punya keturunan hipertensi harus esktra waspada ? Hal ini disebabkan karena hipertensi termasuk jenis penyakit yang disebabkan karena faktor genetik dan pola hidup yang buruk. Biasanya seseorang yang menderita hipertensi berusia antara 35-55 tahun.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Namun sekarang ini sering dijumpai penderita hipertensi yang usianya kurang dari 35 tahun. Hal ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti banyak konsumsi makanan yang asin, tidak pernah melakukan olahraga, merokok serta sering begadang.

Yang harus kita ketahui adalah, tekanan darah yang normal adalah kurang dari 140/90 mmHg. Kita harus menjaga tekanan darah kita kurang dari itu. Namun jika ternyata saat ini tekanan darah kita sering berkisar antara 130-139/85-89 mmHg, maka berarti kita sudah masuk pada kondisi pre-hipertensi. Kondisi ini berarti kita harus lebih menerapkan gaya hidup sehat serta rutin melakukan olahraga agar tidak terlanjur menjadi hipertensi.

Dalam dunia medis, para penderita hipertensi yang tergolong lanjut, maka untuk mengobatinya diberikan obat anti-hipertensi yang diminum setiap hari dan dilakukan seumur hidup. Namun yang juga penting untuk diperhatikan adalah merubah pola hidup yang lebih sehat.

Baca Juga  Tanda Testosteron Pria Menurun

Apabila kita membiarkan kondisi tekanan darah tinggi, maka sangat potensial menimbulkan berbagai komplikasi penyakit seperti jantung, stroke, disfungsi ereksi dan gagal ginjal. Semua jenis komplikasinya tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa.

Itulah bahaya jika banyak orang yang tak sadar terkena hipertensi. Untuk itu mulai sekarang rutin cek tekanan darah kita dan menerapkan pola hidup yang sehat serta rajin berolahraga setiap hari.

Artikel Terkait : Ini Alasan Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Kepalanya Terasa Pusing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *