Terlalu Banyak Konsumsi Susu Tidak Baik Bagi Kesehatan Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya tahu kalau susu mengandung nutrisi pelengkap yang sangat bagus bagi kesehatan terlebih bagi seorang anak. Namun apa jadinya jika ternyata dikonsumsi terlalu banyak ? Ternyata konsumsi susu terlalu banyak bagi anak kurang bagus bagi kesehatan.

minum-susu-terlalu-banyak

sumber gambar : republika.co.id

Yang perlu digaris bawahi adalah susu terbaik bagi seorang bayi setelah lahir adalah ASI. Meskipun anda membelikan jenis susu formula terbaik yang menyamai kandungan nutrisi ASI, itu belum bisa menandingi kehebatan ASI alami yang keluar dari payudara seorang ibu.

Kalau kita amati bahwa dalam sebuah susu yang banyak beredar, kebanyakan akan mengandung nutrisi seperti lemak, protein, kalsium dan vitamin D. Menurut pendapat para pakar kesehatan gizi yang berasal dari AS mengatakan bahwa sebaiknya seorang anak minum susu sebanyak 2-3 gelas kecil susu. Namun itu juga tergantung dari usia anak.

Baca Juga  Pentingya Mengganti Kacamata Hitam Dua Tahun Sekali

Kalau kita berbicara tentang susu di Indonesia, maka para ahli kesehatan menyamakan minum susu sama dengan mengkonsumsi jenis protein hewani yang bisa berasal dari daging, ikan dan telur. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak 2-3 porsi dalam sehari.

Baca Juga : Alasan Mengapa Minum Obat Tidak Boleh Bersamaan Dengan Minum Susu

Jadi apabila anda mempunyai seorang anak yang berusia sekitar 5 tahun, kemudian mengkonsumsi susu sebanyak 5-6 gelas dalam sehari, maka tergolong berlebihan dan kurang bagus bagi kesehatan.

Mungkin kita akan bertanya mengapa banyak minum susu kurang bagus bagi kesehatan anak ? Ternyata hal ini disebabkan karena anak yang kelebihan konsumsi justru akan menyebabkan kondisi ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Satu sisi kadar vitamin D anak akan meningkat, namun sisi lain zat besi akan mengalami penurunan.

Baca Juga  Ini Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Apabila seorang anak mengalami kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan kondisi anemia dan mengganggu perkembangan dari otak. Berbeda jika anak hanya konsumsi 2-3 gelas susu perhari, mereka akan tetap mendapatkan asupan vitamin D yang cukup tanpa harus kehilangan banyak zat besi.

Hal ini bisa terjadi karena susu yang kaya kandungan kalsium menyebabkan tubuh kita merasa kesulitan untuk menyerap zat besi yang berasal dari bahan makanan lain yang masuk.

Baca Juga  Manfaat Besar Melakukan Meditasi Bagi Kesehatan

Seorang anak yang terlalu banyak minum susu membuat kapasitas perut menjadi lebih kecil. Anak akan merasa malas untuk mengkonsumsi jenis makanan lain yang kaya kandungan nutrisi.

Oleh karena itu bagi anda yang mempunyai anak dan sangat suka minum susu, sebaiknya anda harus membatasinya. Jangan biarkan anak kita terlalu banyak minum susu melebihi 2-3 gelas susu dalam sehari.

Artikel Terkait : Benarkah Kebiasaan Minum Susu Bisa Memicu Obesitas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *