Terapi Bagi Anak Yang Mengalami Keterlambatan Bicara

header niko 728 x 90

terapi wicara pada anak

InspirasiBersama.com – Kemampuan berbicara bagi anak yang berusia tiga tahun ke atas sangatlah penting karena disaat itu anak akan banyak bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Jika anak kita mengalami keterlambatan berbicara maka ini menjadi sedikit masalah bagi anak kita. Bisa jadi anak kita sering bertengkar dengan teman mainnya oleh karena tidak bisa mengutarakan maksud dan keinginannya. Tapi untungnya ada solusi terapi yang bisa kita lakukan bagi anak yang terlambat berbicara.

Berikut beberapa terapi bagi anak yang mengalami keterlambatan berbicara :

Baca Juga  Benarkah Sering Makan Jeruk Bisa Mencegah Kanker ?

– Kita bisa memulai dengan hal sederhana dengan mematikan televisi apabila sudah tidak ditonton oleh anak kita. Suara pada televisi yang tidak ditonton anak akan bisa mempengaruhi kemampuan berbicaranya.

– Langkah selanjutnya adalah kita bisa mengajari anak kita menggunakan bahasa isyarat

– Ajarkan anak mengenali gambar sederhana dengan menggunakan flash card, kemudian ulangi untuk anak menyebutkan apa yang dia lihat.

– Untuk melatih otot wajah dan mulut kita bisa menggunakan kapas yang ditiup dengan menggunakan sedotan. Latih anak kita meniup kapas dengan menggunakan sedotan di atas meja untuk melatih otot wajah dan mulut.

Baca Juga  Anak Yang Malas Beraktivitas Beresiko Sakit Jantung

Selain itu kita bisa melatih anak kita minum dengan menggunakan sedotan untuk merangsang otot mulut dan wajah.

– Ajari anak kita untuk meminta bantuan untuk mengambilkan sesuatu yang dia suka. Caranya dengan menaruh barang yang dia suka lebih jauh, dengan harapan agar anak kita meminta bantuan kita untuk mengambilnya. Dengan demikian anak kita akan belajar menggunakan bahasa untuk meminta tolong agar diambilkan barang kesukaannya.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menikmati Mie Instan Agar Lebih Sehat ?

– Yang terakhir adalah jangan lupa untuk selalu memberikan pujian kepada anak kita apabila berhasil melakukan sesuatu yang kita berikan.

 

Artikel Terkait : Tanda Anak Menderita Autisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *