Temukan Cara Alami Mencegah Terjadinya Penuaan Otak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mempunyai kinerja otak yang tetap baik meskipun usia sudah tua adalah hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Namun pada kenyataannya banyak orang yang tak bisa menjaga kesehatan otak sehingga masih berfungsi dengan baik saat usia tua.

Kabar gembira bagi anda yang ingin mempunyai kesehatan mental dan otak yang tetap terjaga meskipun usia sudah tua ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, diantaranya :

sumber gambar : http://www.prosesdetox.com

1. Cukup tidur
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga tidur yang cukup. Kuncinya adalah tidur yang berkualitas dan cukup pada malam hari. Yang harus anda lakukan adalah tidur dengan durasi 7-8 jam pada malam hari. Banyak para pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kunci seseorang panjang umur adalah melakukan tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari.

Baca Juga  Kesehatan Seseorang Juga dipengaruhi Oleh Tingkat Pendidikan

Baca Juga : Manfaat Kesehatan Tidur Tanpa Memakai Baju

2. Lemak sehat
Cara yang kedua yang bisa dilakukan agar kesehatan otak tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsi lemak sehat. Tahukah kita bahwa otak manusia adalah organ tubuh yang kandungan lemak paling banyak. Oleh karena itu sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi lemak sehat untuk menjaga kesehatan otak dan mental kita.

Selain itu juga sangat penting untuk banyak konsumsi sayuran hijau, ikan dan kacang-kacangan yang yang kaya kandungan omega 3 yang bisa mencegah kita terhadap resiko gangguan mood atau kecemasan.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Kurus Cenderung Lebih Pelit ?

3. Bergerak
Cara alami ketiga untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada otak adalah dengan banyak bergerak atau aktivitas. Hal ini berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh National Institute of Health.

Saat seseorang lebih banyak bergerak atau beraktivitas, maka mampu merangsang tumbuhnya neuron baru di dalam otak. Neuron ini sangat baik dalam menunjang kemampuan otak.

4. Hobi yang melibatkan otak kanan
Selanjutnya kita lakukan sebuah hobi yang melibatkan kinerja otak kanan. Beberapa kegiatan ini bisa menggambar, menulis, melukis dan banyak aktivitas lain yang berhubungan dengan seni. Rutin melakukan kegiatan ini juga bisa mencegah terjadinya penyakit demensia.

5. Berbagi
Cara alami kelima yang terbukti bisa menjaga kesehatan otak dan mental adalah dengan sering berbagi. Yang harus kita lakukan adalah banyak melakukan interaksi dengan orang lain mulai dari keluarga, teman dan orang lain yang belum kita kenal. Hal ini bisa mencegah kita pada resiko kesepian yang berdampak buruk pada kemampuan fungsi otak.

Baca Juga  Tips Mudah Hubungan Seks Dengan Pasangan Agar Lebih Baik

Artikel Terkait : Melakukan Olahraga Berenang Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *