Tanda Kalau Ibu Hamil Mengalami Kekurangan Zat Besi

header niko 728 x 90

wanita hamil dan zat besi

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar seorang ibu hamil mengalami kekurangan zat besi. Meskipun banyak terjadi pada ibu hamil, masih banyak para ibu yang tidak mengetahui tanda kalau mengalami kekurangan zat besi.

Secara alami seorang wanita hamil rentan mengalami kekurangan zat besi. Kondisi ini disebabkan karena saat wanita hamil, maka secara alami tubuh akan lebih banyak memproduksi darah yang sangat berguna bagi pertumbuhan janin yang dikandung.

Secara kesehatan kondisi kekurangan zat besi pada wanita hamil menyebabkan kondisi anemia. Dalam bahasa orang awam lebih dikenal dengan kekurangan darah. Kondisi seringnya mengalami anemia pada wanita hamil lebih sering disebabkan karena asupan makanan yang kurang sehat.

Baca Juga  Cara Meredakan Migrain Tanpa Harus Menggunakan Obat

Mengantisipasi hal yang semacam ini, maka para wanita hamil wajib mengetahui tanda kalau mengalami kekurangan zat besi. Beberapa gejala mengalami kekurangan asupan zat besi adalah akan merasa lemas, terlihat pucat, mudah ngantuk dan badan terasa lelah.

Zat besi memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita. salah satu fungsinya yang sering kita dengar adalah membawa atau mengikat oksigen yang disebarkan keseluruh tubuh. Dengan demikian, jika kekurangan zat besi maka menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga membuat kita merasa mengantuk.

Selain itu ada beberapa gejala lain saat kita mengalami kekurangan zat besi atau anemia yaitu merasa pusing, konsentrasi menjadi menurun, sulit bernapas dan detak jantung terasa lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga  Sering Minum Alkohol Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

Seorang ibu yang mengalami kekurangan zat besi kategori berat, maka akan sangat membahayakan kesehatan dan perkembangan janin. Kita tahu bahwa janin membutuhkan asupan nutrisi yang sehat untuk menunjang pertumbuhan otaknya. Oleh karena itu tidak jarang wanita yang kekurangan zat besi saat hamil menyebabkan anak lahir dengan cacat otak.

Selain melahirkan bayi dengan gangguan otak, wanita hamil yang mengalami kekurangan asupan zat besi beresiko melahirkan bayi secara prematur sehingga bayi lahir dengan berat badan yang kurang.

Untuk mencegah wanita hamil mengalami kekurangan asupan zat besi, maka sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak makan sayuran hijau. Selain itu sangat disarankan pula untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan. Sangat penting mempertimbangkan asupan gizi yang meliputi protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Baca Juga  Penderita Diabetes Harus Berhati-hati Karena Serangan Jantung Bisa Terjadi Tanpa Adanya Nyeri Dada

Artikel Terkait : Manfaat Asam Folat Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *