Sulitnya Menyembuhkan Diabetes Oleh Karena Itu Sangat disarankan Untuk Mencegah

header niko 728 x 90

mencegah diabetes

InspirasiBersama.com – Penyakit yang erat kaitannya dengan pola makan ini setiap tahunnya jumlahnya terus meningkat di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa kebanyakan masyarakat kita mempunyai pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat. Diabetes tergolong penyakit metabolik yang sulit untuk disembuhkan, oleh karena itu hal terbaik adalah melakukan pencegahan sejak dini.

Apa yang terjadi pada penderita diabetes atau kencing manis ? Mereka yang menderita kencing manis atau diabetes akan mengalami gangguan produksi insulin dalam tubuh yang bertugas untuk menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya pada penderita diabetes akan mengalami kadar glukosa atau gula dalam darah yang jumlahnya lebih dari nilai normal orang biasa.

Kadar glukosa yang terlalu tinggi dalam darah orang diabetes membuat tubuh banyak mengandung racun. Seharusnya glukosa tersebut dapat dinormalkan oleh insulin. Oleh karena itu penderita diabetes akan mengalami sering kencing sebagai konpensasi tubuh membuang glukosa.

Baca Juga  Perbedaan Antara Gejala Serangan Jantung Dengan GERD

Agar terhindar dari jenis penyakit yang satu ini, maka kita harus tahu atau mengenal apa saja gejala dini dari diabetes. Beberapa gejala diabetes yang khas adalah merasa selalu haus, sering minum dan makan serta sering buang air kecil terutama pada malam hari. Selain itu biasanya mereka yang mengalami diabetes akan mengalami penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Penurunan Berat Badan Secara Drastis Pada Penderita Diabetes

Dengan mengetahui beberapa gejala awal diabetes, maka jika ternyata kita sering mengalami beberapa gejala diatas, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Anda bisa datang langsung ke dokter untuk memeriksakannya sekaligus mendapatkan resep.

Baca Juga  Mengapa Saya Sering Pipis Tengah Malam ?

Dengan mengenal gejala diabetes sejak dini, maka diharapkan kita bisa mencegah kondisi diabetes yang lebih parah yang bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang sangat berbahaya seperti gangguan hati, gagal ginjal dan penyakit jantung.

Mengapa pencegahan sangat penting terhadap penyakit diabetes ? Hal ini disebabkan karena penyakit diabetes tergolong penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya. Ini artinya orang yang menderita diabetes belum bisa sembuh secara total. Namun anda yang sehat jangan khawatir karena diabetes bisa kita cegah dengan melakukan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga  Makanan yang Bisa Membuat Perut Tak Tahan Kenyang atau Cepat Lapar

 
Beberapa upaya untuk mencegah penyakit diabetes diantaranya adalah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karbohidrat tinggi, jangan suka makan dalam jumlah yang banyak, rajin berolahraga, banyak makan buah dan sayur, hindari merokok dan yang terakhir adalah dengan memeriksakan kadar gula anda secara berkala.

Artikel Terkait : Inilah Tanda Kalau Gula Darah Kita Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *