Suka Tidur Dalam Jangka Waktu Yang Lama ? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang tahu kalau tidur mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Bukan hanya kesehatan fisik saja, dengan tidur yang cukup juga akan menyehatkan mental kita. Namun apa jadinya jika ternyata ada orang yang suka tidur secara berlebihan ? Ternyata hal ini justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

bahaya-tidur-terlalu-lama

sumber gambar : hariansehat.com

Kelompok orang dewasa yang sering kali melakukan tidur dalam waktu yang berlebihan adalah kaum muda. Banyak kalangan muda yang mempunyai sifat suka molor kalau tidur. Biasanya kondisi ini disebabkan karena jam tidur yang malam karena suka begadang.

Bagi anda yang suka melakukan tidur lebih dari 10 jam setiap hari, maka harus membaca informasi ini. Berdasarkan pendapat para ahli yang bernama Susan Redline yang merupakan seorang profesor kesehatan tidur yang berasal dari Harvard mengatakan bahwa seseorang yang tidur lebih dari 10 jam akan berdampak buruk bagi kesehatan dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 7 sampai 8 jam saja.

Baca Juga  Bagi Yang Suka Tidur Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Ini menunjukkan kalau porsi tidur yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan. Saat waktu tidur kita kurang dari 7 jam pada waktu malam hari juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi yang sama jika kita suka tidur melebihi 8 jam dalam semalam.

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang akan muncul jika kita suka tidur dalam jangka waktu yang terlalu lama atau lebih dari 8 jam :

– Penyakit jantung
Gangguan kesehatan yang pertama yang beresiko bagi mereka yang tidur lebih dari 8 jam adalah munculnya penyakit jantung. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan kalau kita sering tidur sampai lebih dari 8 jam, maka meningkatkan resiko penyakit jantung sampai 34 persen.

– Kegemukan
Masalah kesehatan yang kedua yang diakibatkan karena terlalu banyak tidur adalah resiko kegemukan. Ternyata kegemukan tidak hanya disebabkan karena kurang tidur saja, kelebihan tidur juga bisa meningkatkan resiko kegemukan.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C ?

Bagi anda yang tidak ingin mempunyai tubuh yang obesitas, maka sangat disarankan untuk tidak tidur melebihi 8 jam pada malam hari. Jika anda lakukan, maka besar kemungkinan anda akan menjadi obesitas yang menjadi pemicu banyak munculnya penyakit berbahaya.

– Penyakit diabetes
Gangguan kesehatan selanjutnya jika kita suka tidur terlalu lama adalah meningkatkan resiko penyakit diabetes. Berdasarkan banyak studi menyebutkan kalau kurang dan kelebihan tidur akan memicu meningkatkan resiko kenaikan kadar gula darah. Jika hal ini sering dilakukan maka tidak mustahil anda akan mengalami diabetes.

Baca Juga : Tidur Dengan Durasi Yang Cukup Bisa Mencegah Diabetes

– Sulit konsentrasi
Dampak buruk selanjutnya adalah adanya gangguan dalam konsentrasi. Ada kaitan yang kuat antara kemampuan otak dengan jam tidur yang cukup. Jika anda kurang atau terlalu banyak tidur, maka akan berdampak buruk bagi kemampuan otak kita.

Baca Juga  Memakai Tabir Surya SPF 30 Bisa Mencegah Kanker Kulit

bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan otak, jangan hanya meningkatkan asupan makanan yang bergizi saja, faktor waktu tidur juga sangat penting. Jangan sampai kurang atau kelebihan waktu tidur yang berdampak buruk bagi kemampuan otak kita.

– Kematian dini
Masalah kesehatan terakhir yang menjadi ujung dari tidur terlalu lama adalah menyebabkan seseorang mengalami kematian secara dini. Hal ini sudah terbukti dalam beberapa hasil studi yang sudah dilakukan. Dengan meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes, maka secara otomatis akan meningkatkan resiko mengalami kematian dini.

Artikel Terkait : Tidak dianjurkan Tidur Siang Terlalu Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *