Suka Olahraga Berat dan Marah Bisa Menyebabkan Gangguan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.con – Tahukah kita kebiasaan suka marah dan melakukan olahraga berat bisa menyebabkan gangguan jantung. Kebanyakan mereka akan mengalami serangan jantung yang datang secara tiba-tiba. Hal ini sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat.

 

Bagi sebagian orang bisa mengalami dada terasa berat dan sesak saat marah atau melakukan olahraga berat. Kondisi ini juga kerap kali menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba yang sangat berbahaya.

olahraga-secara-berlebihan-2

sumber gambar : Malezones.com

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau satu dari tujuh kasus serangan jantung disebabkan karena melakukan kegiatan berlebihan seperti olahraga dan marah. Kedua perilaku tersebut erat kaitannya dengan kesehatan jantung.

 

Studi kali ini telah dilakukan di 52 negara dengan melibatkan 12.000 orang yang terdiagnosa penyakit jantung. Hasilnya menyebutkan mereka yang mendapatkan serangan jantung setelah berolahraga secara berat sebanyak 13,6 %. Sedangkan gangguan jantung setelah melakukan marah besar sebanyak 14,4 %.

Baca Juga  Jalan Kaki Bisa Menjadi Solusi Meredam Nafsu Makan Berlebih

 

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa saat seseorang melakukan olahraga dengan berat dan marah besar  menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Kondisi ini akan mempengaruhi aliran darah sehingga mengurangi suplai darah ke jantung.

Baca Juga : Apa Yang Akan Terjadi Saat Kita Marah ?

 

Pembuluh darah sangat penting untuk terjaga dari sumbatan atau penyempitan. Hal ini disebabkan jika tersumbat atau terjadi penyempitan akan menyebabkan aliran darah menuju jantung akan berkurang sehingga menyebabkan serangan yang mendadak.

Baca Juga  Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur ?

 

Meskipun olahraga secara berlebihan bisa memicu gangguan jantung, bukan berarti olahraga jelek bagi kesehatan. Untuk mencegah gangguan jantung kita harus rajin melakukan olahraga tentunya tidak secara berlebihan.

 

Bagi anda yang saat ini sudah mengalami masalah pada jantung, harus berhati-hati saat melakukan olahraga. Tetap disarankan untuk olahraga namun anda harus memperhatikan denyut nadi selama olahraga. Tanyakan kepada dokter untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan.

 

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung, maka sebisa mungkin menghindarkan dari sifat mudah marah. Gangguan emosional sangat erat kaitannya dengan kesehatan fisik termasuk jantung.

 

Oleh karena itu bagi anda yang ingin terhindar dari gangguan jantung, maka sebaiknya menghindarkan sifat marah dan suka berolahraga secara berlebihan. Belajarlah menjadi pribadi yang sabar dab rajin berolahraga secara cukup.

Baca Juga  Kenali Potongan Rambut Yang Sesuai Untuk Anda Yang Nyaris Botak

 

Selain menghindarkan dari sifat mudah marah dan olahraga secara teratur, untuk menjaga kesehatan jantung kita juga harus menghindarkan kebiasaan buruk yang memicu penyakit jantung seperti merokok, obesitas dan kurang tidur.

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *