Suka Mencabuti Kulit Yang Kering Bisa Menjadi Suatu Kelainan

header niko 728 x 90

cabuti kulit sendiri

InspirasiBersama.com – Ternyata suka mencabuti kulit yang kering bisa menjadi suatu kelainan yang perlu di waspadai. Menurut seorang psikoterapis dunia yang bernama Eliza Burroughs mengatakan bahwa kebiasaan suka mencabuti kulit yang kering bisa menjadi suatu tanda adanya Skin Picking Disorder (SPD) yang bisa berakibat pada timbulnya lesi pada kulit.

Dalam kasus SPD, biasanya mereka bisa melakukan mencubiti kulit mereka sampai beberapa jam dalam sehari. Mereka mengaku kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Penderita SPD juga kerap mencabuti kulit mereka yang sehat. Jadi bukan hanya mencabuti kulit yang kering saja. Mereka akan menggunakan jari mereka untuk melakukan kebiasaan ini.

Menurut para ahli, penyebab SPD belum jelas. Penyakit ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, gangguan mental, regulasi emosional dan faktor lingkungan. Namun berdasarkan data, kebanyakan penderita SPD 75 persennya adalah kaum perempuan.

Baca Juga  Inilah 4 Cara Yang Tidak disarankan Dalam Pemakaian Minyak Zaitun

SPD juga kerap dihubungkan dengan faktor emosi seseorang misalnya saat sedang stres, bosan, cemas, lelah dan kondisi amarah yang meningkat.
Jadi, apa yang perlu dilakukan jika Anda memiliki SPD?

Apabila anda saat ini termasuk penderita yang terdiagnosa SPD kategori berat , maka menurut para ahli sangat disarankan untuk melakukan terapi bersama beberapa ahli meliputi dokter, psikiater, psikolog dan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit

Namun jika masih tergolong ringan, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan suka mencabuti kulit, diantaranya :

1. Apabila dirasa gatal pada bagian kulit yang terkelupas, maka anda bisa memanfaatkan kuas halus yang diberi minyak zaitun atau body lotion yang bisa mengurangi rasa gatal sehingga mengurangi keinginan untuk menggaruk.

Baca Juga  Wanita Hamil Yang Sering Makan Buah Bisa Melahirkan Anak Yang Cerdas

2.Apabila anda sangat sulit untuk mengurangi kebiasaan sering cubitin kulit, maka anda bisa meminimalisir kerusakan kulit dengan cara rajin memotong kuku dengan rapi. Dengan demikian maka bisa mengurangi resiko lesi yang lebih parah pada kulit.

3. Langkah selanjutnya adalah anda bisa melakukan sebuah kebiasaan yang menjadi kesukaan anda. Dengan melakukan sebuah hobi, maka anda mungkin bisa melupakan sejenak kebiasaan mencubiti kulit.

4. Sering melakukan mindfulness dan meditasi juga dipercaya bisa mengurangi kebiasaan sering cubiti kulit sendiri.

5. Cobalah untuk sering melakukan relaksasi dengan cara tarik napas dalam, kemudian menghembuskannya secara perlahan-lahan. Dengan demikian bisa membuat pikiran kita lebih jernih.

Baca Juga  Paranan Sistem Kekebalan Tubuh Dalam Melawan Kanker

6. Membangun mental yang lebih bagus dengan cara rutin melakukan olahraga

7. Lakukan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat

8. Yang terakhir adalah anda bisa meminta bantuan orang sekitar anda untuk mengingatkan kalau anda secara tak sadar mencubiti kulit sendiri. Dengan demikian anda akan cepat tersadar dan berusaha untuk menghentikannya.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kulit Yang Sering Gatal dan Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *