Suka Main Video Game Berbau Kekerasan Memicu Perilaku Agresif

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Maraknya video game yang berbau kekerasan memicu banyak orang melakukan perilaku yang agresif. Bermain sebuah video game memang membuat perasaan lebih menyenangkan.

 

Namun jika yang anda sukai adalah jenis video game yang berbau kekerasan, maka ini bisa berdampak kurang baik bagi perilaku kita. Diketahui bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa orang yang suka bermain video kekerasan akan membuatnya lebih peka terhadap kekerasan. Apabila kepekaan pada kekerasan meningkat, maka rasa empati akan semakin menurun.

sumber gambar : perpustakaanindonesia.com

Dalam studi yang dilakukan di Jerman tersebut diketahui bahwa efek suka bermain game kekerasan atau film yang berbau kekerasan tidak memberikan efek perilaku agresif dalam jangka panjang. Kondisi ini masih ada hubungan dalam jangka waktu yang pendek.

Baca Juga  Mengapa Banyak Lansia di Spanyol Yang Mempunyai Umur Panjang ?

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak

 

Meskipun demikian bukan berarti suka bermain game kekerasan tidak berpengaruh besar pada perilaku seseorang. Pemimpin penelitian tersebut berharap ada sebuah studi lanjutan untuk mengetahui efek jangka panjang tentang kebiasaan ini.

 

Bagi seorang anak, mempunyai kebiasaan suka bermain game kekerasan menjadi kebiasaan yang kurang baik. Kebiasaan ini akan membuat anak mempunyai sifat yang agresif dan suka dengan hal-hal yang berbau kekerasan.

Baca Juga  Waspada Gejala Gagal Ginjal Dengan Melihat Wajah dan Kulit

 

Oleh karena itu sebagai orang tua dituntut untuk selalu mendampingi anak saat bermain gadget. Arahkan anak untuk bermain game yang lebih memberikan banyak manfaat untuk kecerdasan dan bukan berbau kekerasan.

Artikel Terkait : Bahaya Maen Game Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Cybersickness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *