Suka Berkhayal Ternyata Bisa Mengurangi Kebahagiaan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang suka berkhayal cenderung tidak bisa hidup bahagia. Hal ini berbeda dengan orang yang bisa fokus pada sebuah realitas kehidupan.

Sebenarnya dari sudut agama, memang tidak disarankan untuk banyak berkhayal. Sekarang sudah terbukti dalam hasil penelitian bahwa perilaku tersebut akan membuat kita sulit bahagia.

sumber gambar : www.vebma.com

Berkhayal memang sangat mudah untuk kita lakukan. Saat bekerja, dalam kamar mandi, dalam angkutan dll kita bisa dengan mudah menghayal tentang kehidupan yang lebih indah. Namun para pakar menyarankan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Baca Juga  Sebaiknya Mengenali Tipe Kulit Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Perawatan

Baca Juga : Sering Merasa Mengeluh ? Coba Atasi Dengan Melakukan Hal Ini

Penelitian tentang ini dilakukan oleh pakar kebahagian dunia yang berasal dari Harvard University yang bernama Dr Matt Killingswort yang merancang sebuah aplikasi ponsel yang bisa mengetahui dampak berkhayal dalam jangka waktu lama.

Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa pertanyaan seputar perasaan kita saat itu, apa saja yang sudah kita lakukan dalam sehari, sedang melakukan apa kita sekarang dan yang pasti apakah kita juga memikirkan tentang hal lain diluar apa yang kita lakukan.

Baca Juga  Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan

Setelah dilakukan sebuah pengujian terhadap responden yang jumlahya mencapai ribuan, maka para peneliti bisa menyimpulkan bahwa sering berkhayal tentang hal netral atau negatif akan mempengaruhi perasaan seseorang sehingga membuatnya kurang bisa hidup dengan bahagia.

Hal ini juga terjadi bagi para responden yang suka melakukan khayalan tentang hal-hal yang indah. Efeknya tetap sama yaitu tak mampu meningkatkan suasana hati mereka.

Sebenarnya kegiatan melamun dan berkhayal adalah dua kebiasaan yang wajar dilakukan oleh orang dewasa. Namun jika hal ini sering kita lakukan, maka efeknya akan mempengaruhi suasana hati yang membuat kita sulit bahagia.

Baca Juga  Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Artikel Terkait : Bahagia Tidak ditentukan Oleh Banyaknya Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *