Suka Berenang di Laut ? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Melakukan liburan ke sebuah laut yang masih alami memang sangat menyenangkan. Tak jarang banyak orang yang melakukan berenang saat berada di laut yang masih jernih airnya. Ternyata berenang di laut mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan.

Dengan kandungan mineral yang tinggi membuat air laut kaya akan manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa kandungan mineral dalam air laut diantaranya natrium, kalsium, klorida, magnesium dan sulfat.

sumber gambar : hipwee.com

Berikut beberapa manfaat kesehatan berenang di laut :

1. Meredakan sinusitis
Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit sinusitis, maka berenang di laut bisa menjadi terapi yang cukup efektif. Dengan kandungan mineral dan garam yang tinggi bisa meringankan gejala sinusitis dan beberapa masalah pernapasan.

Baca Juga  Sering Mengantuk Setelah Makan Siang Bisa Disebabkan Karena Makanan Yang Berlemak

Buktinya adalah menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa orang yang bertempat tinggal dekat laut dan sering berenang di laut, maka terbukti jarang mengalami gangguan sistem pernapasan.

Dengan kandungan air laut yang kaya garam dan mineral, maka bisa membersihkan saluran udara. Selain itu kandungan garam yang tinggi yang juga bisa bersifat antiseptik mampu mengurangi peradangan pada bagian sinus.

2. Meringankan psoriasis
Sudah tahu belum penyakit psoriasis ? Penyakit kulit yang disebabkan karena autoimun ini bisa diringankan dengan sering berenang di laut. Orang yang mengalami psoriasis akan mengalami kulit yang muncul sisik, ruam, kulit menjadi kering dan muncul rasa gatal.

Baca Juga  Tips Mudah Mencegah Perut Kembung Dengan Mengatur Pola Makan

Kandungan mineral yang tinggi pada air laut terutama magnesium ternyata bisa membuat kulit kita lebih lembab. Sedangkan untuk kandungan garam dan mineral lain bisa meringankan gejala peradangan pada kulit.

Saat ini ada sebuah tempat diantara perbatasan Yordania dan Israel yang menjadi sebuah tempat terapi bagi penderita psoriasis. Tempat ini dikenal dengan sebutan laut mati yang mengandung garam dan mineral yang tinggi.

3. Sehatkan mental
Manfaat yang ketiga berenang di laut adalah bisa menyehatkan mental. Dengan suasana laut yang indah, alami dan bersih membuat banyak orang merasa nyaman yang bisa menghilangkan stres.

Baca Juga  Benarkah Sering Memijat Rambut Bisa Membuatnya Cepat Panjang ?

Seseorang yang sering berenang di laut, maka akan sering melakukan pengaturan pernapasan akibat menyelam dan berenang. Kondisi ini akan membuat sebuah rangsangan pada saraf para simpatis yang bisa mempengaruhi otak sehingga muncul perasaan yang positif.

Artikel Terkait : Ada 7 Manfaat Melakukan Terapi Mandi Garam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *