Suara Bising Ternyata Bisa Memicu Penyakit Jantung

header niko 728 x 90

suara bising

Inspirasibersama.com– Hallo para pembaca sekalian. Artikel kali ini kita akan membahas hubungan antara suara bising terhadap timbulnya penyakit jantung. Banyak orang yang dalam kehidupan sehari-harinya sering terpapar dengan suara bising. Ternyata berdasarkan sebuah penelitian bahwa suara bising bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Penelitian ini dilakukan oleh dr. Wen Qi Gan yang berasal dari University of Kentucky College of Public Helath di Lexington. Para peneliti melakukan perbandingan bagi mereka yang mempunyai pendengaran normal dengan mereka yang sering terpapar suara bising ternyata memiliki resiko lebih tinggi dua kali lipat terkena penyakit jantung.

Baca Juga  Mengapa Anak Penting Untuk diajak Jalan-jalan ?

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 5223 partisipan yang dikumpulkan selama tahun 1999 sampai tahun 2004. Usia para partisipan berkisar antara 20 sampai 69 tahun. Hasilnya adalah bagi mereka yang mengalami gangguan fungsi pendengaran di kedua telinganya karena paparan suara bising, memiliki resiko dua kali lipat terkena penyakit jantung dari pada mereka yang mempunyai pendengaran yang normal. Apalagi jika mereka berusia diatas 50 tahun ,maka resikonya menjadi lebih tinggi empat kali lipat. Untuk orang yang mengalami gangguan pendengaran sebelah tidak termasuk dalam hal ini.

Baca Juga  Apa Saja Yang disarankan Setelah Melakukan Olahraga

Memang dalam penelitian ini tidak secara langsung jika sering mendapatkan paparan suara bising dan pendengaran kita mengalami gangguan pada jantung. Meskipun tidak secara langsung dapat menimbulkan penyakit jantung, para peneliti menyarankan kepada kita yang dalam lingkungan keseharian misalnya dalam lingkungan kerja sering mendapatkan paparan suara bising untuk menggunakan penutup telinga untuk mengurangi paparan suara bising.

Demikian informasi tentang suara bising ternyata bisa memicu penyakit jantung. Semoga setelah kita membaca artikel ini kita semakin paham tentang faktor-faktor yang bisa menyebabkan kita terkena penyakit jantung sehingga kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Salam sehat selalu….

Baca Juga  Buah Mengandung Pemanis Alami Yang Lebih Sehat dibandingkan Dengan Gula

 

Artikel Terkait : Cara Mengetahui Detak Jantung Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *