Solusi Unik Bagi Orang Yang Susah Tidur Dengan Melakukan Kemah di Akhir Pekan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau melakukan kemah pada akhir pekan bisa menjadi solusi bagi mereka yang mempunyai masalah susah tidur. Melakukan kemah pada akhir pekan memang menjadi hal yang unik dan sangat menyenangkan. Terlebih bagi anda yang suka dengan suasana alam.

sumber gambar : Liputan6.com

Saat kita melakukan kemah di suatu daerah pegunungan, maka akan identik dengan suasana yang redup atau gelap yang terhindar dari sorot lampu yang terang seperti saat kita tinggal di kota. Kondisi inilah yang menurut para peneliti mampu menjadi menjadi terapi bagi mereka yang sulit mengawali tidur.

Menurut para peneliti mengatakan bahwa seorang wanita mempunyai jam biologis yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah cahaya yang ada pada lingkungan. Artinya adalah tidur dalam kondisi yang gelap meningkatkan kenyamanan tidur karena sesuai dengan jam biologis manusia.

Baca Juga  Mengatasi Trauma Yang disebabkan Karena Persekusi

Baca Juga : Manfaat Tidur Dalam Kondisi Lampu Yang Gelap
Untuk membuktikan hal ini, para peneliti akan melakukan pengukuran terhadap kadar hormon melatonin yang erat kaitannya dengan hormon tidur mereka yang suka melakukan kemah di akhir pekan.

Diketahui kalau mereka yang suka melakukan kemah di alam pada akhir pekan mempunyai kadar hormon melatonin yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang berkemah. Selain itu diketahui kalau mereka juga akan cenderung melakukan tidur lebih awal sekitar 2,5 jam lebih awal dibanding saat tidur di rumah sendiri.
Dengan adanya hasil yang positif bagi mereka yang suka berkemah, maka sangat disarankan bagi mereka yang mengalami gangguan sulit tidur untuk sering juga melakukan kemah di alam pada akhir pekan.

Baca Juga  Bahaya Gorengan Terhadap Kesehatan Jantung dan Solusinya

Namun menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa melakukan kemah di akhir pekan bukan satu-satunya cara untuk mengatasi susah tidur. Selain disarankan untuk melakukan kemah, anda juga harus mempunyai jadwal tidur yang konsisten agar durasi jam tidur cukup sekitar 7-8 jam pada malam hari. Dengan begitu anda akan terbiasa untuk merasa ngantuk pada jam biasa anda tidur dan bangun pada pagi harinya dengan rasa yang lebih nyaman dan bahagia.

Baca Juga  Hubungan Antara Stress Dengan Timbulnya Kanker Payudara

Selain membuat jadwal tidur yang teratur, hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah matikan lampu saat anda tidur. Kondisi kamar tidur yang gelap pada saat tidur membuat hormon melatonin akan meningkat yang sangat bagus bagi kesehatan kita.

Artikel Terkait : Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Merasa Stres Pada Akhir Pekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *